Ade, “Waspada, Beberapa Titik Rawan Longsor dan Pohon Tumbang” Cadas Pangeran Tebar Ancaman

by -71 views

Ade, “Waspada, Beberapa Titik Rawan Longsor dan Pohon Tumbang” Cadas Pangeran Tebar Ancaman

Jatinangorku.com – Bupati Sumedang, Drs. H. Ade Irawan, M.Si. mengimbau kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan yang melintas di jalur Sume­dang-Bandung agar mewaspadai ancaman batu besar yang meluncur dari tebing Cadas Pangeran. Apalagi saat ini intensitas hujan di wilayah tersebut mulai tinggi.

“Kami tidak henti-hentinya me­ngimbau dan mengingatkan ma­sya­rakat agar selalu waspada saat melintas di kawasan Jalan Cadas Pangeran. Sebab di lokasi tersebut, masih terdapat beberapa titik rawan longsor dan pohon tumbang. Bahkan di beberapa titik dikhwatirkan ada batu besar yang sewaktu-waktu meluncur dari tebing,” kata Ade kepada “GM”, Senin (11/8).

Ditambahkan, longsor dan pohon tumbang di kawasan Cadas Pangeran sebenarnya tidak mengenal musim. Karena sekalipun musim kemarau, longsoran kecil di wilayah tersebut sering terjadi. Akibat kejadian tersebut arus lalu lintas sering terganggu. Apalagi jika longsoran tanah dan bebatuan yang meluncur dari tebing jatuh di sebagian badan jalan.

“Walaupun volume longsoran skalanya kecil, tetap saja dampaknya dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan membahayakan pengguna jalan,” ujarnya.

Di samping itu, Ade juga mengingatkan warga yang berada di daerah rawan longsor sekitar kawasan Cadas Pangeran, seperti yang bermukim di Dusun Singkup, Desa Ciherang, Kec. Sumedang Selatan dan sekitarnya, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Apalagi hasil riset menunjukkan, kawasan tersebut dinilai tidak layak dijadikan permukiman. Sebab berada di daerah rawan longsor dan pergerakan tanah ambles.

“Sebenarnya sejumlah kepala keluarga (KK) yang ada di dusun tersebut sudah direlokasi ke tempat yang aman di tanah kas desa setempat. Namun sayang, rumah yang sudah dibangun oleh pemerintah kurang diminati warga,” ujarnya.

Instruksi pemantauan

Kini pihaknya sudah menginstruksikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana, serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sumedang untuk terus memantau situasi di sejumlah lokasi rawan bencana.

“Dengan begitu, jika sewaktu-waktu ada kejadian, mereka bisa secepatnya terjun ke lapangan untuk melakukan penanganan,” katanya.

Sementara berdasarkan pantauan “GM”, di sekitar Jalan Cadas Pangeran, mulai pintu masuk dari arah Bandung, betulan Blok Jelekong, Desa Cijeruk, Kec. Pamulihan sampai pintu keluar, betulan Blok Singkup, dan Cilengar, Desa Ciherang, Kec. Sumedang Selatan, terdapat beberapa titik bekas longsoran kecil di tebing sebelah kiri dari arah Bandung.

Di samping itu, diberapa titik lainnya, ditemukan bongkahan batu besar yang meluncur dari tebing.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/