Adu Foto Low-Light Xperia Z1 vs Lumia 925, Menang Mana?

by -19 views

Adu Foto Low-Light Xperia Z1 vs Lumia 925, Menang Mana?

Jatinangorku.com – Sony Xperia Z1 dan Nokia Lumia 925 adalah salah satu smartphone yang unggul pada kemampuan kameranya. Xperia Z1 menggunakan OS Android dengan kamera utama 20,7MP lensa Sony G-Lens f/2.3. Sementara Lumia 925 PureView menggunakan OS Windows Phone 8 dengan kamera utama 8,7MP lensa Carl Zeiss f/2.0. Dari dua spesifikasi yang berbeda, smartphone manakah yang punya kemampuan kamera lebih baik?

Belum lama ini Alvin Wong editor situs Unleash The Phone melakukan perbandingan kamera Xperia Z1 dan Lumia 925. Kedua smartphone ini diadu pada kemampuannya mengambil objek kondisi kurang cahaya (low-light). Lokasi pengambilan foto dilakukan di Punggol Beach, Singapura. Sebagai gambaran, lokasi ini punya pantai yang relatif sepi dan pencahayaan yang sangat kurang di malam hari.

Dari 12 set foto yang diambil, secara keseluruhan kedua perangkat punya kemampuan yang seimbang pada pengambilan foto low-light. Masing-masing Xperia Z1 dan Lumia 925 punya keunggulan dan kelemahan di beberapa foto. Fitur Optic Image Stabilization (OIS) di Lumia 925 membantu menghasilkan gambar yang cenderung lebih terang dari Xperia Z1. Sementara sensor 20,7MP di Xperia Z1 mampu menghasilkan foto yang lebih tajam dan lebih detail dari Lumia 925.

Selain itu, perbedaan yang mudah dirasakan dari kedua smartphone ini adalah White Balance. Xperia Z1 terlihat lebih konsisten menghasilkan warna yang lebih realistis atau mendekati warna objek yang sebenarnya. Resolusi yang besar di Xperia Z1 juga mengurangi lossless / kehilangan detail pada saat digital zoom.

Memang sulit dikatakan perangkat mana yang lebih unggul, karena keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Bagi Teknokerz yang ingin melihatnya, berikut adalah foto-foto yang diambil Alvin menggunakan Xperia Z1 dan Lumia 925 pada modo full otomatis dan beberapa penyesuaian exposure di salah satu foto dibawah.

Foto 1

Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Kedua foto diatas terlihat mirip, namun Lumia 925 menghasilkan foto yang lebih tajam.

Foto 2

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Di foto kedua terlihat Lumia 925 menghasilkan gambar yang lebih tajam, namun warna yang dihasilkan Xperia Z1 nampak lebih realistis.

Foto 3

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Xperia Z1 menghasilkan foto yang lebih tajam dan detail. Exposure pada kedua foto di set -2.

Foto 4

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Di foto ini (diambil tanpa flash), Lumia 925 menghasilkan foto yang sedikit lebih cerah, dan Xperia Z1 lebih mempertahankan banyak detail kayu, terutama di sekitar lubang.

Foto 5

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Dalam foto ini terlihat perbedaan White Balance yang sangat signifikan dari kedua smartphone.

Foto 6

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Kedua smartphone menangkap foto yang punya detail mirip, namun Xperia Z1 memproduksi warna papan kayu yang lebih akurat.

Foto 7

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Di foto ini exposure juga di set -2. Terlihat Lumia 925 menghasilkan gambar yang sedikit lebih tajam, lebih akurat dan lebih baik secara keseluruhan.

Foto 8

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Foto yang dihasilkan Xperia Z1 nampak lebih realistis daripada hasil Lumia 925. Deretan lampu-lampu dalam bentuk garis horizon sebenarnya berwarna kuning, bukan putih.

Foto 9

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Di percobaan ini, foto yang dihasilkan Xperia Z1 nampak lebih detail dan warnanya lebih akurat dibanding Lumia 925.

Foto 10

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Di foto ini juga terlihat Xperia Z1 menghasilkan warna yang lebih akurat, sementara Lumia 925 menghasilkan foto yang sedikit lebih detail.

Foto 11

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Foto ini diambil pada objek berkondisi gelap gulita. Objek pagar pembatas dan langit lebih terlihat dari hasil jepretan Lumia 925.

Foto 12

Sony Xperia Z1

Nokia Lumia 925

Di foto ini, hasil jepretan Lumia 925 nampak lebih terang. Namun secara keseimbangan warna, hasil jepretan Xperia Z1 nampak lebih enak dipandang dibanding Lumia 925.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com