Agustusan Sudah Dekat, Penjual Bendera Seuseut Seuat

by -63 views

Agustusan Sudah Dekat, Penjual Bendera Seuseut Seuat

Jatinangorku.com – Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2014, para pedagang bendera mulai menggeliat di beberapa tempat di kawasan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Dari pantauan “GM”, sejak awal pekan para pedagang maupun pernak-pernik merah putih lainnya sudah terlihat bermunculan di pinggiran jalan. Mulai depan kantor Kecamatan Cicalengka hingga Jalan Raya Bandung-Garut.

Menurut para pedagang, penjualan bendera maupun pernak-pernik lainnya kali ini, tidak selaris tahun-tahun sebelumnya. Justru, katanya, sepuluh hari menjelang hari kemerdekaan, penjualan masih sangat sepi.

“Namanya jualan ya untung-untungan. Saya sudah enam hari mangkal di sini, tapi belum banyak yang laku. Kalau tahun lalu memang cukup lumayan. Mungkin nanti beberapa hari mau 17 Agustus,” kata seorang pedagang, Asep Mulyana (30) kepada “GM”, Kamis (7/8).

Menurutnya, warga di kawasan Cicalengka tidak terorganisasi untuk secara serentak memasang bendera ketika memasuki Agustus. Berdeda saat dirinya masih berjualan di Madiun, Jawa Timur.

“Waktu saya jualan di Madiun, belum masuk bulan Agustus saja dagangan sudah ramai pembeli. Di sana itu, jika ada satu rumah saja yang belum pasang bendera, ketua RT-nya langsung menegur,” terangnya.

Segelintir

Hal yang sama dirasakan juga oleh Tisna (35). Dia mengaku belum mendapatkan penghasilan yang besar dari penjualan bendera. Menurutnya baru segelintir warga saja yang membeli bendera berukuran sedang, itu pun dapat dihitung jari.

“Sekolah-sekolah dan pabrik biasanya membeli bendera yang ukuran besar, tapi sampai sekarang belum ada yang datang. Yang beli baru warga pengendara motor saja,” ujar Tisna.

Sementara Hasan (28) yang tiap tahun berjualan bendera di kawasan bunderan Parakanmuncang merasakan pula dampak dari belum banyaknya pembeli.

“Biasanya dua atau tiga hari jelang hari H baru ramai, kalau sekarang masih sepi, asa seuseut seuat,” katanya.

Para pedagang bendera berjualan sejak pukul 08.00 WIB-17.00 WIB. Bendera biasanya dijual dengan harga variatif, mulai Rp 5 ribu hingga Rp 40 ribu.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/