Aher Ajak Warga Perbaiki Sanitasi

by -77 views

Aher Ajak Warga Perbaiki Sanitasi

Jatinangorku.com – Di Jabar sanitasi masih menjadi permasalahan tersendiri. Untuk mengantisipasi hal ini, Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan mendeklarasikan kampanye Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Saung Angklung Udjo, Jln. Padasuka Bandung, Kamis (5/9).

Deklarasi tersebut dibacakan Wakil Bupati Sumedang, Ade Irawan dan ditandatangani langsung Gubernur. Isinya menggalang peningkatan akses sanitasi melalui koordinasi, sinkronisasi kebijakan, perencanaan, penganggaran, dan implementasi.

Pada acara itu, selain deklarasi, juga diserahkan ikon kampanye STBM Jawa Barat, Kang Hebring kepada Gubernur. Ikon diserahkan Deviariandy Setiawan, Pimpinan Program Air Bersih dan Sanitasi Bank Dunia atau World Bank Water and Sanitation Program (WSP) sebagai penggagas acara bersama Dinas Kesehatan Jawa Barat.

Menurut Heryawan, deklarasi mengawali gerakan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan menyediakan sarana pendukung perubahan perilaku yang higienis. Di samping meningkatkan akses sanitasi bagi masyarakat.

“Mari bersama menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat melalui perilaku hidup bersih dan sehat, di antaranya jangan buang air sembarangan,” ungkap Heryawan.

Kepala Dinas Kesehatan jabar, Alma Lucyati menyatakan, untuk meningkatkan kualitas sanitasi, dilakukan melalui Program Percepatan Sanitasi Permukiman (PPSP), Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), Pembangunan Air Bersih Berbasis Masyarakat (Pamsimas), dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM) “Selama lima tahun penerapan program dan strategi STBM terbukti mampu meningkatkan akses sanitasi sebanyak 304.630 jiwa tanpa subsidi di 962 dusun yang tersebar di lima kabupaten,” jelas Alma.

Sumber : http://klik-galamedia.com