Aher: Indonesia Terlambat Naikkan Harga Rokok

by -19 views

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan angkat bicara soal isu kenaikan harga rokok beberapa hari terakhir ini. Alasan pemerintah menaikan harga rokok akibat tingginya pengonsumsi rokok di Indonesia.

Heryawan termasuk salah seorang pejabat yang setuju jika harga rokok dinaikkan. Pria yang akrab disapa Aher ini yakin dengan naiknya harga rokok, jumlah perokok di Indonesia akan berkurang. Dengan begitu, dampak penyakit yang ditimbulkan rokok akan berkurang.

‎”Yang merokok semakin sedikit. Kita tidak khawatir tidak dapat pemasukan ke kas daerah. Kita cari penghasilan yang lebih kreatif,” ucap Aher di Gedung Sate, Jumat (19/8/2016).

Orang nomor satu di Jabar ini heran, ‎kenapa isu kenaikan harga rokok tidak dilakukan dari dahulu. Sebab menurutnya, negara-negara Asia seperti Singapura serta Eropa telah menerapkan hal tersebut.

“‎Indonesia agak terlambat meninggikan pajak. Justru produsen yang biasa dagang di Eropa kurang laku. Mereka dagang di Indonesia karena cukainya murah,” jelasnya.

Dia menambahkan, sebenarnya masyarakat sudah mengetahui tentang bahaya merokok. Namun masih saja dikonsumsi.‎ “Kalau kita tahu dalam rokok itu ada bahan berbahaya, mengapa dikonsumsi?” katanya.