Aher, “Jabar Penghasil Terbesar” Rebut Kembali Kejayaan Teh

by -95 views

Aher, “Jabar Penghasil Terbesar” Rebut Kembali Kejayaan Teh

Jatinangorku.com – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan berharap kejayaan teh Indonesia di dunia bisa kembali diraih. Untuk itu ia mengimbau masyarakat, khususnya warga Jabar agar mencintai teh.

Demikian dikatakan Heryawan saat menutup Festival Teh Jabar atau West Java Tea Festival di Jln. Cikapundung Bandung, Minggu (22/9)

Berbicara tentang teh di Indonesia, menurutnya sama dengan membicarakan teh Jabar. Sebab Jabar penghasil terbesar teh untuk nasional. Heryawan juga mengajak warga untuk mengonsumsi teh. Hal serupa disampaikannya pada pencinta kopi. 

“Kopi dan teh itu seperti seirama. Jadi, mencintai kopi harus juga mencintai teh,” katanya.

Kejayaan teh yang pernah diraih Indonesia menurut Heryawan harus kembali diwujudkan. Dia berharap teh di Jabar dan Indonesia tidak lagi mengalami kemunduran.

“Kita pernah mendapat kejayaan puluhan tahun lalu. Namun sekitar 10 tahun belakangan ini mulai kurang jaya. Kita sempat ranking 3 dunia, lalu mundur jadi rangking 4, lalu ke-5, dan sekarang ke-7. Kita harus kembali jadi yang terbaik,” katanya. 

Hal senada dikatakan Ketua Umum Dewan Teh Indonesia, Rahmat Badruddin. Ia menyatakan, sekitar 75 persen teh Indonesia ada di Jawa Barat. Festival Teh Jabar yang digelar di Jln. Cikapundung dalam tiga hari ini dinilainya mampu mengembalikan kejayaan teh Indonesia.

“Selama 20 tahun terakhir ini, di Indonesia lebih banyak suplai teh daripada konsumsi. Namun dalam 8 tahun terakhir di dunia, terjadi ledakan konsumsi yang berasal dari Cina dan India,” katanya.

Dia mengatakan di kedua negara itu, kebiasaan minum teh sangat luar biasa. Bahkan di setiap mobil taksi ada suguhan teh hijau. Rahmat mengatakan, Kementerian Pertanian akan menggelontorkan anggaran untuk membangun teh Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Sumber : http://klik-galamedia.com