Aher Jamin Dana BOS Jabar Tidak Ada Penurunan

by -28 views

Jatinangorku.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengklaim dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Provinsi untuk SMA/SMK yang dianggarkan pada APBD 2015 tidak ada penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jumlahnya tetap sama, termasuk alokasi per siswa, per tahun. Jadi enggak turun dan besarannya tetap,” tutur Heryawan kepada wartawan di Gedung Sate Kota Bandung, Kamis (15/1/2015).

Menurut dia, alokasi untuk siswa SMA negeri sebesar Rp 200 ribu per siswa per tahun. Sementara untuk SMA swasta sebesar Rp 300 ribu per siswa per tahun.

Dia menuturkan, untuk SMK swasta besarannya Rp 500 ribu per siswa per tahun dan untuk SMk negeri Rp400 ribu per siswa per tahun.

“Jika dikalkulasikan, semuanya sekitar Rp 600 miliar. Belum ditambah dari BOS pusat sebanyak Rp1,5 juta per siswa per tahun,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Aher itu menyebut, biaya pendidikan SMA/SMK di tingkat kabupaten terbilang sudah gratis. Pasalnya, jumlah tersebut mencukupi kebutuhan per siswanya per tahun.

Meski begitu, dia mengakui untuk di perkotaan jumlah tersebut masih belum mencukupi sehingga pengelolaannya harus dilakukan dengan baik.

Aher menegaskan, BOS provinsi yang dihapus pemerintah pusat adalah BOS SD/SMP. Sementara BOS SMA/SMK masih diperbolehkan dianggarkan oleh pemerintah provinsi.

“Untuk BOS SD dan SMP itu sudah dianggarkan oleh pusat. Tahun lalu kita dapat BOS SD/SMP Rp 4,1 triliun sekarang Rp 5,2 triliun. Signifikan naiknya,” tutupnya

Sumber : http://www.inilahkoran.com/