Ahmad Heryawan Raih Anugerah Pelopor Penguatan Sida

by -5 views

Ahmad Heryawan Raih Anugerah Pelopor Penguatan Sida

Jatinangorku.com – Penghargaan kembali diraih Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, pada acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-18, di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (29/8). Pernghargaan tersebut adalah Anugerah Pelopor Penguatan Sistem Inovasi Daerah (Sida) dari Menteri Negara Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta. 

Penilaian dilakukan tim gabungan dari Kemenristek dan Kemendagri itu meliputi keberpihakan gubernur dalam mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang mendorong daya saing daerah. Sinergi stake holder iptek di daerah. Dan, prakarsa gubernur untuk mengembangkan tema-tema strategis di daerah. 

“Di kita sebenarnya bukan lagi pelopor, tapi sudah bisa mengaplikasikan sida tersebut. Kita sudah bisa membuat teknologi, misalnya di bidang pertanian, perikanan, dan yang lainnya. Bahkan ke depan kita sudah akan memetakan sistem kluster. Seperti kluster pertanian dan perikanan,” ungkap Heryawan kepada wartawan usai menerima penghargaan tersebut.

Ia mencontohkan, keberhasilan teknologi di Jabar dalam bidang pertanian adalah yang dilakukan oleh IPB dengan produk unggulannya pepaya yang dinamai pepaya california. Pepaya tersebut saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Di bidang perikanan pun Jabar sudah memiliki nirwana atau ikan ras wanayasa. 

“Pada prinsipnya, kita akan terus mendorong dan memberi kesempatan kepada warga Jabar yang mampu menciptakan teknologi di semua bidang. Ini keberpihakan kita kepada masyarakat. Selain mendorong, kita juga akan memfasilitasi mereka dengan cara memberikan subsidi, membinanya, dan memberi pelatihan,” kata Heryawan. 

Disinggung mengenai anggaran untuk menumbuhkembangkan teknologi ini, Heryawan menyebutkan, idealnya masalah ini diserahkan ke masyarakat. Pemerintah hanya membantu dan memfasilitasi. “Saya serahkan saja ke masyarakat. Kita hanya mendorong dan memberi bantuan serta memfasilitasinya,” katanya.

Ia berharap dengan didorong setiap organisasi perangkat daerah (OPD), pihaknya bisa menciptakan kluster-kluster teknologi. Misalnya, kluster pisang ada di daerah A, kluster ikan ada di daerah B, dan kluster mangga ada di daerah C. 

“Kita juga ingin menghargai karya anak bangsa. Ke depan kita ada kluster khusus. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dipetakan dan tahun 2014 sudah bisa dimulai,” ujarnya. 

Proaktif

Sementara itu dalam sambutannya, Gusti Muhamad Hatta mengatakan, Kemenristek menilai penghargaan tersebut layak diberikan kepada Gubernur Jabar. 

Heryawan dinilai sebagai salah satu pimpinan provinsi yang memiliki sikap proaktif dan prakarsa yang tinggi dalam memelopori pelaksanaan penguatan sida. “Ini bukti adanya respons dan sikap proaktif kepala daerah dalam mendukung kebijakan pemerintah,” ujar Gusti.

Puncak kegiatan Harteknas langsung dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain kepada Gubernur Jabar, penghargaan serupa juga diberikan kepada 11 gubernur lainnya. Di antaranya Gubernur Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Banten. 

Penghargaan ini merupakan penghargaan ke-113 yang diterima Heryawan sejak tahun 2008.

Sumber : http://klik-galamedia.com