Aktivis Tolak “World Tobacco Asia” di Bali Udara Bersih Hak Asasi Manusia

by -18 views

Aktivis Tolak “World Tobacco Asia” di Bali Udara Bersih Hak Asasi Manusia

Jatinangorku.com – AKADEMISI, tokoh masyarakat, aktivis antirokok, mahasiswa, dan sejumlah elemen lainnya menolak rencana pertemuan World Tobacco Asia 2014 di Bali. Penolakan tak hanya digalang di Bali, tapi juga di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami menolak pertemuan itu digelar di Bali atau di wilayah mana pun di Indonesia,” kata Artawan, akademisi dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana, Bali, Sabtu (31/8).

Alasan penolakan itu, menurut Artawan, karena Indonesia satu-satunya negara di ASEAN yang belum meratifikasi Framework Convention for Tobacco Control (FCTC). “Di antara negara-negara besar yang tergabung dalam G-20, hanya Indonesia yang belum meratifikasi FCTC,” katanya.

Penolakan bahkan juga didukung aktivis dari negara-negara lain seperti India, Belanda, dan Australia. “Ada 186 yang menandatangani petisi penolakan,” kata Artawan. Petisi akan dikirimkan pihaknya bersama jaringan antirokok Indonesia pada pemerintah daerah Bali, Kementerian Kesehatan, dan Presiden.

Tak melarang

Artawan mengatakan, FCTC atau prinsip kontrol tembakau itu bukan berarti melarang orang merokok, karena merokok adalah hak orang meski bukan hak asasi. “Kami hanya ingin menghirup udara yang bersih dan hak atas udara bersih itulah yang merupakan hak asasi manusia,” katanya.

Rokok, kata Artawan, merupakan penyebab utama penyakit. “Merokok itu salah satu faktor utama penyebab penyakit tak menular. Kematian terbesar salah satunya karena rokok. Untuk itu, komitmen kita terhadap kontrol tembakau sangat penting. Kami mendesak pemerintah untuk segera meratifikasi Konvensi FCTC secepatnya,” tandasnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com