Alat Musik Lidu-Lidu dan Jimbe Hasil Karya Warga Sumedang Ini Pernah Dibeli Istri Mantan Wapres

by -19 views
Alat Musik Lidu-Lidu dan Jimbe Hasil Karya Warga Sumedang Ini Pernah Dibeli Istri Mantan Wapres
Alat Musik Lidu-Lidu dan Jimbe Hasil Karya Warga Sumedang Ini Pernah Dibeli Istri Mantan Wapres

Alat Musik Lidu-Lidu dan Jimbe Hasil Karya Warga Sumedang Ini Pernah Dibeli Istri Mantan Wapres – Alat musik perkusi yakni Lidu-Lidu dan Jimbe karya Dede Komarudin (51), warga Dusun Cipacing RT 3/2, Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang pernah diminati istri seorang mantan wakil presiden.

Lidu-Lidu merupakan alat musik tiup berukuran 1,5 meter yang terbuat dari kayu jati. Biasanya, alat musik ini dimainkan oleh suku Aborigin di Australia, sedangkan Jimbe merupakan alat musik pukul.

Kedua alat musik tersebut dilirik oleh Herawati yang tak lain merupakan istri Wakil Presiden RI periode 2009-2014, Boediono yang saat itu menghadiri pameran UMKM yang digelar oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI pada tahun 2010.

Dede menceritakan, saat itu dirinya mengikuti pameran UMKM di Jakarta dengan membawa dan menampilkan dua jenis alat musik tersebut karena Lidu-Lidu dan Jimbe ini merupakan alat musik yang unik.

Saat mengikuti pameran itu, Alhamdulillah Jimbe sama Lidu-Lidu dibeli oleh istrinya (mantan) Wakil Presiden (Boediono),” ujar Dede saat ditemui Tribun Jabar di rumahnya sekaligus tempat produksinya, Selasa (27/10/2020).

Sebelum dipamerkan, kedua alat musik ini dia buat secara teliti hingga semenarik mungkin. Mulai dari mencari kayu jati, mengukir, melakukan pengecetan menggunakan vernis hingga menyetelkan suaranya agar tidak sumbang saat dimainkan.

Dede menyebutkan, proses pembuatan kedua alat musik ini cukup dengan waktu satu hari, karena dibantu oleh beberapa karyawannya, sehingga pembuatannya bisa lebih cepat dan sempurna.

“Alat musik ini kan, dibuat untuk pameran, jadi harus sempurna. Hasilnya, memang diminati oleh istri pejabat, wakil presiden,” katanya.

Saat itu, Dede tidak menyangka hasil karyanya ini pernah diminati istri Wakil Presiden, padahal saat itu masih banyak hasil karya dari pelaku UMKM dari daerah lain yang lebih bagus.

Ia mengatakan, untuk alat musik Lidu-Lidu hasil karyanya yang berukuran 1,5 meter ini dijual dengan harga Rp 450 ribu, dan Jimbe Rp 100 ribu.

Seorang karyawan di tempat usaha Dede, Wawan (53) mengatakan, selama bekerja dengan Dede sejak tahun 2010 itu, dia bertugas untuk ngebubut kayu sebagi bahan baku kedua alat musik tersebut.

 

Baca Juga :  Jatinangor Ikut Terlibat di Piala Dunia U-20 tahun Depan

 

“Kalau saya kerjanya tergantung pesanan yang diterima pak Dede. Misalnya Jimbe, nah saya membentuk barangnya dengan cara dibubut,” kata Wawan.

Ia mengatakan, sejak tahun 2010 hingga 2019, sudah banyak alat musik yang dibuat oleh Dede bersama dirinya karena saat itu memang banyak pesanan dari Bali, termasuk untuk pameran.

“Alhamdulillah kalau dulu selalu banyak orderan, terutama dari Bali, kalau sekarang setelah Covid-19 sudah jarang,” ucapnya.

 

 

 

Sumber : https://jabar.tribunnews.com/