Alhamdulillah, Kemarau Tidak Keringkan Air di Jatinangor

by -93 views

Alhamdulillah, Kemarau Tidak Keringkan Air di JatinangorMUSIM kemarau yang menyebabkan kekeringan diberbagai daerah tidak terjadi di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Walaupun jalanan kering dan penuh debu, sawah dan ladang yang dimiliki warga tetap basah dialiri air. 

Hal ini diakui oleh Saiful, salah satu petani jagung di Cisaladah. Menurut Saiful, ia tidak kesulitan air karena sumber air dari gunung Manglayang masih mengalir dengan baik. 

“Kalau di daerah Sumedang lainnya katanya susah air. Tapi di sini Alhamdulilah tidak. Airnya mengalir dari Gunung Manglayang,” jelas Saiful. 

Saiful juga bersyukur, lancarnya air yang didapat tidak mengakibatkan gagal panen seperti petani di daerah lainnya. Warga tetap beraktifitas ke sawah dan ladang seperti biasanya. 

“Kalau dibandingkan dengan 4-5 tahun yang lalu, air di sini (Jatinangor) lebih banyak. Dulu belum ada apartemen sama kost-kostan yang bertingkat sampai belasan lantai. Mereka mah yang bikin susah air warga sekitar,” tambah Saiful.

Tidak kesulitan air juga dirasakan warga sekitar yang mayoritas adalah mahasiswa dan pendatang. Dharuri, salah satu mahasiswa yang tinggal di Cipacing, Jatinangor, mengaku sumur yang digunakan lingkungan tempat tinggalnya tidak kekurangan air. 

“Di tempat saya dan lingkungan sekitar tidak terjadi krisis air. Airnya lancar seperti biasa, tidak susah,” ucapnya

Sumber : http://www.galamedianews.com