Anggaran Pembelian Kendaraan Dinas Diperketat

by -13 views

Anggaran Pembelian Kendaraan Dinas Diperketat

Jatinangorku.com – DPRD Sumedang akan memperketat anggaran pembelian kendaraan operasional dinas. Tahun depan, dewan tidak akan mudah mengizinkan pembelian kendaraan dinas karena selalu hilang dibawa pindah pejabatnya. Akibatnya, dinas atau instansi tak lagi punya kendaraan operasional.

“Tahun depan kami akan memperketat soal anggaran pembelian kendaraan dinas, soalnya selalu hilang dibawa pindah pejabatnya, dinasnya itu kan jadi tidak punya kendaraan,” ujar Ketua Pansus LKPj DPRD Sumedang Atang Setiawan, Minggu (18/5/2014).

Atang menambahkan, ketika dinas tersebut mengajukan kendaraan, biasanya berbagai alasan disampaikan mulai dari kebutuhan operasional sampai penunjang kebutuhan program wajib dinas. Namun, kendaraan tersebut malah hilang dibawa pergi pejabatnya.

“Jadi yang butuh kendaraan itu dinasnya atau pejabatnya,” ucap Atang mempertanyakan.

Persoalan ini terjadi setiap DPRD melakukan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban. Mei ini, dewan baru saja menyelesaikan pembahasan laporan tersebut dengan sederet catatan dan rekomendasi. Di antaranya, soal keberadaan kendaraan dinas yang hilang atau tak ada di kantor bersangkutan ketika kroscek ke lapangan.

“Tahun ini terjadi pula di Kantor Perpustakaan Daerah, mobil minibus merk Suzuki Ertiga yang dibeli APBD Tahun 2013 tidak ada di lokasi dengan alasan dibawa pejabat atau pimpinan dinas pindah tugas,” ucap Atang yang menyebutkan bahwa ini adalah penyakit birokrasi.

Karenanya, Atang pesimistis jika Sumedang akan meraih opini wajar tanpa pengecualian dari BPK ketika membahas LPP APBD.

“Kalau begini terus sudah saja pemkab jangan pernah menginginkan opini wajar tanpa pengecualian dari BPK, karena soal aset selalu amburadul,” tandas Atang yang mendesak pejabat Pemkab Sumedang menghilangkan penyakit birokrasi tersebut.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/