Anggaran Pengerukan Sungai Cikeruh Direalisasikan Nopember 2014

by -30 views

Jatinangorku.com – Anggota DPRD Kab. Sumedang Dudi Supardi mengatakan, untuk pengerukan Sungai Cikeruh, pada 2013 warga Jatinangor telah mengusulkan anggaran. Rencana turunnya anggaran pada November 2014. “Turunnya anggaran, dipastikan pas memasuki musim hujan. Upaya efisien waktu tenaga serta biaya, maka normalisasi sungai dilakukan sekarang,” kata Dudi disela-sela pengerukan Sungai Cikeruh melalui swadaya masyarakat di Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Minggu (19/10/2014).

Kenapa demikian, kata dia, sudah bisa dibayangkan jika dilakukan pada musim hujan nanti realisasinya akan seperti apa?

Menurut Dudi, pengerukan sungai tersebut memakai dana talang. Persoalan itu, kata dia, sudah dikordinasikan dengan Pemkab Sumedang melalui Dinas PU. “Tidak terbayang, kalau normalisasi sungai disaat musim hujan atau disaat banjir,” katanya.

Idealnya, kata dia, biaya pengerukan sungai anggaran antara Rp 300 juta hingga Rp 400 Juta per tahun.

Menurutnya, kalau anggarannya sedikit, luasan lahan yang dikeruk juga akan disesuaikan dengan anggaran yang ada. “Tentunya akan mubajir. Sebab bisa terkena banjir lagi,” katanya.

Dudi pun mengaku salut ada tokoh masyarakat yang memiliki inisiatif mempelopori bagaimana caranya menyelamatkan aliran sungai dari ancaman banjir.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/