Anggaran Rp 110 Miliar Jalan Kabupaten Sumedang Mulai Diperbaiki

by -81 views

Anggaran Rp 110 Miliar Jalan Kabupaten Sumedang Mulai Diperbaiki

Jatinangorku.com – Pemkab Sumedang secara bertahap mulai memperbaiki kerusakan jalan kabupaten sepanjang 790 kilometer dengan total dana yang digelontorkan mencapai Rp 110 miliar. Dana tersebut dialokasikan dari berbagai sumber ang­­garan, mulai dari APBD Sume­dang, Provinsi hingga APBN 2014.

Bupati Sumedang, Drs. H. Ade Irawan, M.Si. kepada “GM”, Senin (2/6) mengatakan, jalan kabupaten sepanjang 790 km itu terdiri dari 196 ruas jalan, di antaranya 119,68 km dalam kondisi rusak ringan dan 162,082 km rusak berat. “Secara bertahap, kerusakan jalan dengan kondisi rusak ringan di antaranya sudah selesai diperbaiki. Dalam operasionalnya melibatkan rekanan (pihak ketiga) melalui poses penujukan langsung, karena nilai pengerjaannya di bawah Rp 200 juta,” katanya.

Sedangkan untuk paket dengan nilai di atas Rp 200 juta, sesuai peraturan harus dilakukan melalui proses tender. Sementara menurut laporan yang diterima dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sumedang, Dr. Ir. Sujatmoko, Dipl., W.R.Eng., M.Sc., sebanyak 37 paket pengerjaan perbaikan ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Sumedang, sudah siap untuk segera ditenderkan. “Mengingat nilai pengerjaannya di atas Rp 200 juta, maka sesuai ketentuan harus melalui tender,” sambungnya. 

Sujatmoko saat dikonfirmasi terpisah, membenarkan saat ini 37 paket pengerjaan perbaikan ruas jalan kabupaten sudah masuk dalam pratender. Namun secara teknis, penyelenggaraan tender dilakukan atau diproses oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP). 

“Tadi (kemarin, red) sudah kita sampaikan, 37 berkas dan dokumen paket perbaikan ruas jalan kabupaten sudah siap untuk segera ditenderkan ke ULP. Jadi cepat atau lambatnya proses tender itu tergantung dari ke­siapan dari ULP sendiri,” ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/