Antisipasi Bencana Banjir Aparat Desa Cikeruh Gelar Kerja Bhakti

by -67 views

Jatinangorku.com – Aparat pemerintahan desa (Pemdes) Cikeruh Kecamatan Jatinangor, Kab. Sumedang, Rabu (12/11/2014) menggelar kegiatan ‘bebersih’ atau kerja bakti untuk mengantisipasi ancaman banjir. Menyusul dalam beberapa hari terakhir ini mulai turun hujan deras di kawasan tersebut.

Kepala Desa Cikeruh Ade Sudrajat menyatakan, kepedulian sosial aparat desa ini melibatkan sejumlah warga setempat. “Kerja bhakti dilaksanakan di sepanjang Jalan Raya Kolonel Ahmad Syam (Jalan Sayang) dan fasilitas umum lainnya,” kata Ade kepada wartawan di Cikeruh, Rabu.

Menurutnya, kerja bakti juga dengan cara membersihkan saluran air atau drainase dengan harapan bebas dari endapan sampah dan ilalang. “Kalau lingkungan sudah dibersihkan dari endapan sampah, dipastikan sirkulasi air hujan berjalan baik selain dapat mengurangi ancaman banjir tadi,” harapnya.

Menurutnya, kegiatan sosial ini sudah menjadi agenda rutin Pemdes Cikeruh. Dia juga sangat bangga ketika melihat masyarakat setempat yang sama-sama turut peduli terhadap kebersihan lingkungannya.

“Dengan harapan kedepannya, lingkungan Desa Cikeruh terlihat nyaman,” katanya.

Pemerintahan setempat juga berusaha untuk menggerakkan masyarakat supaya membiasakan diri melaksanakan ronda malam. Supaya lingkungan aman dan kondusif. “Ronda malam untuk menekan terjadinya tindak pidana dan terjadinya tindak kriminalitas,” katanya.

 

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/