Antisipasi Kecelakaan, Polda Jabar Gelar Operasi Periksa Semua Kendaraan di Tol Cipali

by -35 views

Jatinangorku.com – Dirlantas Polda Jawa Barat bersama jajaran Polres Cirebon menggelar operasi pemeriksaan terhadap seluruh kendaraan yang melintasi ruas tol Palimanan-Cikopo. Pemeriksaan bakal digelar tengah malam ini, Selasa pukul 24.00 WIB sampai pagi hari pukul 03.00 WIB.

Sasaran pemeriksaan ialah seluruh kendaraan, namun diprioritaskan untuk kendaraan umum yang membawa penumpang. Para sopir akan diperiksa kelengkapan dokumen perjalanan seperti Surat Ijin Mengemudi (SIM), ijin trayek hingga kelengkapan dan kelaikan kendaraan.

“Operasi ini untuk antisipasi kecelakaan. Dalam sepekan terakhir, belasan orang tewas, terutama insiden yang menewaskan sebelas orang dan enam orang dua hari kemarin,” tutur Panit PJR Kertajati Ipda Dasep Rahman kepada galamedianews, Senin malam (7/12/2015).

Operasi ini digelar berbarengan dengan jajaran kepolisian Purwakarta. Hanya saja, mereka melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dari arah Cikopo ke Palimanan. Hal sama juga dilakukan untuk kendaraan yang ke arah Cipali dari Palimanan, dilakukan dengan kerjasama kepolisian Cirebon.

“Kita juga akan mengingatkan perlunya sopir angkutan umum memperhatikan batas kecepatan dan stamina badan. Bagaimanapun ini ruas tol panjang dan lurus, jika stamina tidak memungkinkan akan sangat berbahaya,” tutur Dasep.

Selain sasaran operasi ialah kelaikan dan kelengkapan kendaraan, juga ditujukan untuk antisipasi kejahatan. Bagaimanapun, ruas tol yang panjang itu juga menjadi daerah rawan aksi pembegalan maupun bajing luncat.

“Operasi ini juga sebagai antisipasi aksi kejahatan di tol Cipali,” tutur Dasep. 

Sumber : http://www.galamedianews.com/