Antisipasi Kemarau Warga Buat Sumur Bor

by -70 views

Antisipasi Kemarau Warga Buat Sumur Bor

Jatinangorku.com – Menghadapi musim kemarau, warga RT 05/RW 06, Sukawening, Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang membuat sumur bor untuk mengantisipasi kekuarangan air bersih.

Menurut mereka, kekurangan air di wilayahnya akibat dibangunnya Apartement Sky Land yang mengguakan bor artesis sebanyak empat titik. Sumur berkedalaman lebih dari 60 meter itu mengurangi persediaan air di Sukawening.

Salah seorang warga Sukawening, Asep (35) memperkirakan, musim kemarau akan berlangsung panjang. Oleh karena itu, ia mulai membuat sumur sejak saat ini.

“Saya membuat sumur bor dengan kedalaman sekitar 40 sampai 60 meter agar airnya lumayan sebagai jaga-jaga musim kemarau tiba,” katanya kepada “GM”, Jumat (8/8).

Diungkapkan Asep, sumur yang ada di rumahnya sudah kehabisan stok air. Saat ini pun warga di Sukawening masih menggunakan air dari kaki Gunung Manglayang, yang berlokasi di Dusun Cinengang, Desa Cileles, Kec. Jatinangor.

“Mau bagaimana lagi, stok air sudah mulai menipis, makanya warga mengandalkan air di kaki Gunung Manglayang. Apalagi air kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Warga lainnya, Obi Rahman (30) juga melakukan hal yang sama. Ia memperkirakan, suatu saat warga Sukawening akan kehabisan air karena akan tersedot sumur bor artesis yang dibuat Apartemen Sky Land.

“Alhamdulilah sekarang sumur bor sudah selesai. Untuk membuat sumur ini saya butuh dua minggu,” kata Obi.

Warga sukawening berharap pihak apartemen memberikan solusi dan bertanggung jawab apabila warga mengalami kekeringan air.

“Jangan sampai pihak apartemen membuat sumur bor artesis lagi, karena sampai saat ini pasokan air yang ada di sumur kami sudah mulai berkurang,” katanya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/