Antisipasi Serangan Siber, BSSN Kawal Sistem Informasi Selama Pilkada Serentak 2018

by -93 views

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah melakukan persiapan dalam pengamanan sistem informasi sebelum digelarnya Pilkada Serentak 2018 dan terus mengawal sistem informasi selama pesta demokrasi tersebut.

“Kesiapan sudah. Kami tinggal menunggu proses Pilkada Serentak 2018 berjalan, sambil melindungi sistem informasi yang ada dari kemungkinan berbagai serangan siber,” ujar Juru Bicara BSSN Anton Setiawan melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu 27 Juni 2018.

BSSN sebelumnya mengidentifikasi ancaman pengamanan teknologi dan informasi pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, seperti insiden siber yang pernah terjadi selama pemilu, baik di dalam maupun luar negeri. Gambaran potensi peta ancaman siber pada Pilkada Serentak di Indonesia serta rekomendasi operasional dalam menghadapi serangan siber juga telah diberikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Rekomendasi pengamanan siber untuk Pilkada Serentak 2018 selanjutnya mengenai standar dan regulasi keamanan sistem informasi dan skema audit keamanan sistem informasi. “Rekomendasi keamanan siber sudah diberikan, tinggal kami kawal agar tidak terjadi serangan pada sistem termasuk web KPU Provinsi,” ujar Anton seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

BSSN menekankan pentingnya operasional pengamanan infrastruktur dan sistem TI serta kebijakan keamanan, regulasi internal, dan koordinasi antar pemangku kepentingan. Sementara itu, KPU pun telah melakukan upaya peningkatan pemanfaatan teknologi dalam Pilkada Serentak 2018. Bawaslu juga melakukan langkah antisipasi tindak pelanggaran dalam penyelenggaran pilkada serentak 2018 di ranah siber dengan menyiapkan standar tata laksana pengawasan pelanggaran siber dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018

 

 

 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com