Apindo Sumedang Lakukan Pengawasan dan Pemantauan Jelang Kenaikan UMK

by -23 views

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumedang akan memantau dan mengawasi setiap perusahaan yang ada di Kabupaten Sumedang, untuk memberikan upah layak sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) kepada karyawan-karyawannya. 

Ketua Apindo Sumedang, Endang Juhana mengatakan, UMK Sumedang saat ini berada di kisaran Rp. 2,715 ribu. Angka tersebut harus dibayarkan oleh perusahaan kepada setiap karyawannya.

“Jika ada perusahaan yang tidak mampu membayar. Kami akan pantau dan kami akan periksa laporan keuangannya selama dua tahun ke belakang,” ujar Endang kepada Tribun di Jatinangor, Minggu (23/10). 

Apalagi, lanjut Endang, saat ini UMK Sumedang akan mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut merupakan kenaikan wajib setiap tahunnya. Namun, untuk persentase kenaikannya hingga saat ini masih belum diketahui. 

“November tanggal 20 sudah harus masuk ke Gubernur angka kenaikan upahnya. Nanti Desember awal baru muncul angkanya. Nah saat ini belum ada rapat dewan pengupahan, jadi belum tahu persentase kenaikannya. Yang jelas pasti naik,” kata dia

Menurutnya, pemberian UMK dari perusahaan ke karyawannya tersebut berlaku untuk karyawan tetap mau pun outsourching. Pemberian UMK harus diberikan saat karyawan menjadi karyawan di perusahaan pada hari nol kerja