Aplikasi Hyjabs Raih Gelar Juara pada INAICTA 2013

by -29 views

Aplikasi Hyjabs Raih Gelar Juara pada INAICTA 2013

Jatinangorku.com  – ANDA hijabers dan penggila media sosial? Mungkin kini saatnya Anda memiliki akun di media sosial Hyjabs karya Tim Codelabs Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung.

Hyjabs merupakan aplikasi mobile yang dibuat untuk menghubungkan sesama pengguna hijab. Tujuannya berbagi gaya hijab terkini atau membantu pengguna menemukan informasi mengenai tren gaya berhijab. Hyjabs juga membuka peluang bagi kelompok bisnis untuk memperkenalkan produknya.

Salah satu keunggulan Hyjabs adalah fitur Verified Hijab. Dengan fitur ini, model-model hijab yang dikirim para pengguna akan diklasifikasikan, mana yang sesuai syariah atau hanya sekedar fesyen.

“Saat ini banyak model hijab lebih ke arah fesyen dan mengesampingkan nilai-nilai Islam. Semua gaya hijab bisa diposting tapi ada tanda centang untuk verified. Sehingga dapat dilihat model hijab yang modis tapi tetap sesuai syariah,” kata anggota Codelabs, Wulan Fitriani di kampus Unikom, Jln. Dipati Ukur Bandung, Jumat (6/9).

Karena itu, aplikasi Hyjabs meraih gelar juara pada ajang Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2013 yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), 1 September lalu.

Untuk menilai model hijab yang sesuai syariah, Codelabs bekerja sama dengan komunitas hijab dan melibatkan ustaz yang kompeten.

Keunggulan lainnya para hijabers bisa menggunakan fitur Search untuk mencari model yang diinginkan.

“Berbagai model hijab model pasmina bisa dicari dan akan muncul model-model top tren,” ujar Wulan.

Setelah menjadi juara di INAICTA 2013, Hyjabs kini menatap The Asia Pacific ICT Award di Hong Kong yang akan dilaksanakan November mendatang.

“Syaratnya aplikasi yang dibuat tidak hanya dapat digunakan di Indonesia, tapi juga di luar Indonesia,” ujar dosen pembina Tim Codelabs, Adam Mukharil Bachtiar.

Selain Hyjabs, Unikom juga meraih penghargaan Merit untuk kategori Applicative Robot Perguruan Tinggi melalui Robot DRU13SAR karya Giri Laya Bahari, Erwin Guna Setiawan, dan Anita Fitrizia.

Sumber : http://klik-galamedia.com