Arab Saudi vs Indonesia, Menanti Keajaiban

by -41 views
Arab Saudi vs Indonesia, Menanti Keajaiban
Arab Saudi vs Indonesia, Menanti Keajaiban

Arab Saudi vs Indonesia, Menanti Keajaiban

Jatinangorku.com – PELATIH Timnas Indonesia Alfred Riedl menganggap, timnya butuh keajaiban untuk menjungkalkan Arab Saudi. “Kita harus berjuang untuk mendapat sebuah keajaiban,” sahut Riedl.

Timnas Indonesia sudah berangkat ke Arab Saudi pada Minggu (2/3) lalu. Sebanyak 23 pemain diboyong Riedl demi menghadapi tuan rumah Arab Saudi di laga pamungkas Kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Prince Mohamed bin Fahd, Dammam, Rabu (5/3) malam.

Sebelum bertolak menuju Arab Saudi, Riedl mengatakan, sangat berambisi bisa mencuri poin dari lawannya. Namun, untuk mencapai itu, butuh kerja super keras dari seluruh amunisi besutannya.

“Jika sebuah tim mengeluarkan 100 persen, maka para pemain akan memiliki keuntungan di kandang sendiri. Namun jika sebuah tim mengeluarkan 200 persen kemampuannya, mungkin akan mendapat sedikit keajaiban di kandang lawan,” imbuh Riedl seperti dikutip laman resmi Liga Indonesia.

Pria berusia 64 tahun itu menjelaskan, jika skuad Garuda tidak menunjukkan kemampuan terbaiknya di sebuah pertandingan, maka dewi fortuna tak akan menghampiri Ahmad Bustomi dan kawan-kawan.

“Anda harus berjuang untuk mendapat sebuah keajaiban. Sebuah keajaiban itu tidak akan datang jika tak ada usaha,” tegas peracik taktik berkebangsaan Austria tersebut.

Cuaca panas dikabarkan menjadi kendala nonteknis yang dihadapi skuad Merah Putih. Cristian Gonzales dkk tidak hanya menghadapi tekanan dari suporter tim tuan rumah, tetapi melawan panasnya iklim di Arab Saudi. 

“Soal cuaca, kami tidak akan mengeluh soal itu. Cuaca di Arab Saudi hampir sama dengan beberapa daerah di Indonesia. Lagi pula kami bermain malam,” beber Riedl.

Di latihan terakhir, mantan pelatih Vietnam ini menerapkan strategi man-to-man marking, Riedl yang dibantu Asistennya, Wolfgang Pikal, ingin anak asuhnya tidak mudah dilewati para pemain Arab Saudi di pertandingan nanti. Dia juga mengajarkan bagaimana caranya menghadapi situasi tendangan bebas di depan kotak penalti.

Riedl menginstruksikan, agar para pemain yang nantinya menjadi pagar hidup melakukan lompat setinggi-tingginya agar bola tidak langsung mengarah ke gawang Indonesia. Jika bola mengenai pagar hidup atau bola rebound, maka pemain timnas harus bergerak cepat untuk menyapu bola.

Pertandingan nanti memang tidak berarti banyak bagi Timnas Indonesia. Ahmad Bustomi dkk sudah dipastikan tersingkir dari gelaran Piala Asia tahun depan. Di klasemen Grup C, Indonesia berada di posisi buncit dengan raihan satu poin dari lima pertandingan yang sudah dijalani.

Kendati demikian, pasukan Indonesia tak kendur motivasi. Seperti dikatakan I Gede Sukadana, dia tetap optimistis bakal menjadi pilihan utama Riedl di laga nanti. Sukadana ingin membuktikan diri kalau sang pelatih tidak percuma memanggilnya ke dalam skuad Garuda. “Pokoknya harus optimistis masuk ke dalam skuat. Nantinya saya akan berjuang maksimal,” tekad Sukadana.

Sukadana merupakan salah satu dari enam pemain Arema yang dipanggil ke dalam Timnas Senior. Lima pemain lainnya adalah Victor Igbonefo, Christian Gonzales, Kurnia Meiga, Irsyad Maulana dan Ahmad Bustomi. Sedangkan Gelandang Timnas Indonesia, Ahmad Bustomi, mengaku siap memeras keringatnya demi mencuri satu poin dimarkas lawan.

Pemain asal Arema ini siap memeras keringatnya di Jeddah agar Indonesia tak memalukan di laga pamungkas Grup C. Dia siap memberikan kontribusi 100 persen jika dipercaya bermain sejak menit awal.

“Kami sudah mulai latihan mengenai simulasi strategi yang akan digunakan pada pertandingan nanti. Saya siap berjuang keras di laga terakhir. Mengenai cuaca, saya rasa tidak ada masalah. Sebab kami akan main malam. Cuaca di sana dengan Indonesia hampir mirip. Jadi, tak ada masalah,” jelas Bustomi.

Penyerang veteran Cristian Gonzales masih mempunyai hasrat tinggi untuk mencetak gol setiap saat mengenakan jersey Timnas Senior Indonesia. “Jelas kalau saya sangat senang bisa diberikan kepercayaan dipanggil kembali ke Timnas. Kami yakin bisa tampil maksimal saat melawan Arab Saudi. Target saya semoga saya bisa mencetak gol untuk tim ini,” tekad Gonzales

Sumber : http://www.inilahkoran.com/