Arung Jeram, Susur Sungai Pemicu Adrenalin

by -94 views

Arung Jeram, Susur Sungai Pemicu Adrenalin

Arung Jeram, Susur Sungai Pemicu Adrenalin

Jatinangorku.com – SIAPA bilang, bermain di tengah alam terbuka sambil menyusuri sungai tidak menyenangkan?

Sebagian orang masih menganggap, berwisata sambil bermain hanya cocok dilakukan di sejumlah tempat yang menyediakan wahana bermain mekanik dengan berbagai kecanggihan teknologinya. Tentu tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar.

Ada banyak kegiatan wisata tak kalah menyenangkan yang bisa dilakukan di alam terbuka. Bermain arung jeram salah satunya. Kegiatan susur sungai menggunakan perahu karet ini tak menawarkan kesenangan sekaligus ketegangan.

Kesenangan begitu terasa ketika perahu karet mulai menyusuri sungai. Saat itu keasrian suasana sisi sungai menjadi pemandangan eksotis dengan berbagai flora fauna di tengah-tengah habitat aslinya.

Suara daun diterpa angin yang berpadu gemercik air turut menambah keindahan sekitar. Belum lagi suara beragam jenis burung, serangga pohon, dan hewan hutan lain yang saling bersahutan.

Semua kesenangan itu bisa berubah seketika menjadi ketegangan pemicu adrenalin. Tepatnya ketika perahu karet akan melewati jeram atau air terjun di aliran sungai yang terjadi karena adanya perbedaan kontur dasar sungai.

Butuh kekompakan seluruh anggota tim untuk menjaga agar perahu karet tidak terbalik. Biasanya pemandu atau instruktur arung jeram akan memberi aba-aba yang harus dilakukan, misalnya berhenti mendayung, merunduk saat menuruni jeram, dan instruksi lain.

Di seputaran Bandung sekurangnya ada dua lokasi yang sering didatangi wisatawan dari luar kota maupun dari luar negeri. Sungai Citarum, Kampung Cisameng, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tahun 2013 tempat ini pernah dipakai kejuaraan internasional snowboarding.

Dari Kota Bandung, perjalanan ke Kampung Cisameng butuh waktu sekitar 1,5 jam. Mereka yang naik mobil bisa masuk tol dan keluar di pintu tol Padalarang. Kemudian menyusuri arah Cianjur. Sedangkan pengendara sepeda motor bisa menempuh

Sampai di kawasan Rajamandala, akan ada gapura menuju Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Saguling. Waktu tempuh dari tempat ini ke Kampung Cisameng kurang dari 30 menit.

Tempat berwisata arung jeram lain ada di Sungai Palayangan dan Sungai Cisangkuy di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Butuh waktu tempuh sekitar dua jam naik mobil atau motor dari Kota Bandung ke tempat ini.

Dari pusat Kota Bandung sebaiknya memilih jalur ke arah Banjaran, Kabupaten Bandung. Setelah melewati Alun-alun Banjaran akan ada jalan bercabang menuju Pangalengan dan Soreang. Tinggal pilih dan susuri jalan ke Pangalengan.

Sejumlah pengelola wisata arung jeram biasanya menyediakan paket yang bisa dipilih wisatawan. Tapi sebaiknya lakukan survei dulu, termasuk fasilitas keselamatan sebelum memutuskan bermain arung jeram. Tidak kalah penting, yaitu memilih wisata arung jeram dengan instruktur berpengalaman dan peserta dilindungi asuransi kecelakaan.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/