Arus Balik Belum Usai di Tol Cipali

by -13 views

 

Arus balik kendaran pemudik yang melintas Jalan Tol Cikopo-Palimanan masih terus mengalir, hingga Selasa 12 Juli 2016 pagi diprediksi baru 65 persen. Perkiraan tersebut mengacu pada perbandingan jumlah kendaraan selama arus mudik berlangsung dengan arus balik.

Dari pantauan, Selasa 12 Juli 2016 volume kendaraan dari arah Cirebon ke Jakarta yang melintas di tol Cipali wilayah Subang, tepatnya di sekitar Sukamelang Kabupaten Subang terlihat lebih ramai dibanding sehari sebelumnya. Namun arus lalu lintas masih lancar, tetapi kecepatan laju kendaraannya berkurang dibanding sehari sebelumnya.

Panit PJR Tol Cipali, Heri Pranata saat dihubungi membenarkan arus lalu lintas ada peningkatan mulai, Senin malam hingga Selasa siang. Selain itu sempat dua kali tersendat saat proses evakuasi kendaraan yang mengalami kecelakaan, tetapi secara umum arus lalu lintas berlangsung lancar. “Benar, ada dua kejadian Senin malam dan Selasa pagi. Tapi tak ada korban jiwa, hanya luka ringan. Jadi arus sempat tersendat saat proses evakuasi, tapi tak lama kendaraan bisa melintas lancar lagi,” katanya.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Hudaya Arryanto mengatakan, volume arus balik kendaraan pada H+4 di Tol Cipali tergolong tinggi, ada peningkatan 2,5 persen dibanding sehari sebelumnya. Arus balik kendaraan yang melintas Tol Cipali dari arah Cirebon ke Jakarta yang masuk di Gerbang Tol Palimanan pada Senin 11 Juli 2016 pukul 6.00 WIB hingga Selasa 12 Juli 2016 pukul 6.00 WIB tercatat sebanyak 59.410 kendaraan lebih tinggi dibanding sehari sebelumnya sebanyak 58.010 kendaraan.

Dikatakannya, selama arus mudik berlangsung mulai H-7 Rabu, 29 Juni 2016 hingga hari kedua Lebaran, Kamis 7 Juli 2016 tercatat 394.400 kendaraan keluar di Gerbang Tol Palimanan menuju arah Jawa Tengah. Sedangkan volume arus balik yang masuk di GT Palimanan menuju arah Jakarta, sejak hari kedua Lebaran, Kamis 7 Juli 2016 hingga H+4, Senin 11 Juli 2016 tercatat sekitar 252.700 kendaraan. “Jadi diperkirakan hingga Selasa pagi baru sekitar 65 persen kendaraan mudik yang kembali. Sisanya arus balik diperkirakan akan terbagi hingga akhir pekan ini,” katanya.

Dijelaskan Hudaya, walaupun rata-rata volume arus balik pada Sabtu, Minggu dan Senin kemarin cukup tinggi, tetapi arus kedatangan kendaraan di GT Palimanan tersebar relatif merata setiap jamnya. Kondisi itu membuat transaksi di gerbang tol dapat berjalan optimal, tidak terjadi antrean yang signifikan. “Ini juga dapat terjadi juga berkat kesigapan para petugas di gerbang tol dan partisipasi pengguna kendaraan menyiapkan kartu tol dan pembayaran baik secara tunai maupun e-payment,” katanya