Arus Mudik 2014 Meningkat 12 Persen

by -40 views

Arus Mudik 2014 Meningkat 12 Persen

Jatinangorku.com – Jumlah kendaraan pada arus mudik maupun arus balik yang melintas di jalur selatan Nagreg pada Idulfitri 1435 H mengalami peningkatan cukup signifikan dibanding 2013.

Demikian diungkapkan Kepala Posko (Kaposko) Nagreg, AKBP Dudung Adijono saat ditemui “GM” di Pos Lantas Cileunyi, Senin (4/8).

“Arus mudik pada 2013 dan 2014 kami bandingkan ada peningkatan sebanyak 31 persen. Puncak mudik pada 2013 sebesar 93 ribu, sementara untuk 2014 ada sebanyak 116 ribu,” kata Kabag Binop Polda Jawa Barat itu.

Dudung menuturkan, perbandingan arus balik dari jalur timur menuju barat juga meningkat 25% dari 33.401 (2013) menjadi 38.780 (2014).

“Jika dipersentasekan secara global, baik arus mudik maupun arus balik, diperkirakan kenaikan volume kendaraan tahun ini meningkat sebanyak 12 persen,” jelasnya.

Dudung mengakui pada Operasi Ketupat 2014 terdapat beberapa hambatan. “Kami harap ada evaluasi masalah infrastruktur jalan. Tahun ini memang ada perbaikan, namun ada beberapa ruas jalan yang masih rusak. Ini berarti tidak maksimal penyelesaiannya,” katanya.

Dudung juga menilai sarana dan prasarana masih banyak kekurangan, terutama penerangan jalan umum (PJU).

“Masyarakat yang melewati jalan alternatif akan merasa khawatir karena jalur-jalur tersebut belum memiliki PJU. Salah satunya di daerah Cijelag dan sebagian jalur pantura,” terangnya.

Sementara mengenai masalah kemacetan yang kerap terjadi di jalur Gentong, menurutnya terjadi akibat penambahan jumlah kendaraan. Selain disebabkan pula oleh pasar tumpah yang belum dapat diantisipasi.

“Di Lewo dan Limbangan misalnya, pasar tumpah masih berlangsung. Kami mencoba mengantisipasi dengan menempatkan personel di tempat tersebut. Penyeberang dan sampah juga menjadi faktor lain penyebab kemacetan lalu lintas di daerah ini,” jelasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/