Awal Puasa, Pasar Kaget Loji Jatinangor Lengang

by -162 views


JATINANGOR (GM) – Memasuki awal Ramadan 1433 H, Pasar Loji Jatinangor, Kab. Sumedang, masih lengang. Pengunjung pasar kaget yang biasa beraktivitas setiap hari Minggu tersebut tidak seramai sebelumnya.

Pantauan “GM” Minggu (22/7), Pasar Loji yang selalu menjadi daya tarik masyarakat masih lengang. Tidak tampak juga kendaraan roda empat dan roda dua yang biasanya berjejer di pinggir jalan depan kampus ITB menuju Bumi Perkemahan. Pedagang pun tidak sebanyak biasanya.

Meski demikian, pengurus Paguyuban Warga Jatinangor (PWJ) yang mengelola pasar tersebut tetap mengoordinasi para pedagang. “Pada awal puasa ini Pasar Loji sepi. Diperkirakan baru akan ramai minggu kedua,” kata Karna Sukma, pengelola Pasar Loji saat ditemui “GM”.

Menurut Karna, Pasar Loji harus dipertahankan. “Karena Pasar Loji ini pusat belanja yang murah dan tempat wisata juga, selain ajang promosi serta silaturahmi,” katanya.

Hal senada dikatakan pengelola Pasar Loji lainnya, Dede Nana. Jika Pasar Loji jika dikelola secara maka akan menjadi aset wisata Jatinangor. “Jumlah pengunjung selalu membeludak. Ratusan kendaraan roda empat dan roda dua juga datang dari berbagai penjuru,” kata pria yang juga akrab disapa Mayjen ini.

Menurutnya, jumlah pengunjung dan pedagang setiap pekan terus meningkat. Apalagi PKL Gasibu Kota Bandung kini kian berkurang. “Umumnya pengunjung yang datang untuk berbelanja kebutuhan. Banyak juga pedagang asal Gasibu yang berjualan di sini,” katanya.

Selain itu, lanjut Mayjen, pedagang pakaian lebih mendominasi. Sementara kendaraan roda dua yang masuk kawasan parkir, minggu sebelumnya tidak lebih dari 100 unit.

Sementara salah seorang pengunjung, Dodi (39), warga Cileunyi mengaku ke Pasar Loji untuk jalan-jalan sepulang dari kampung halaman. “Saya hanya jalan-jalan saja, dikira sudah banyak yang berjualan, eh masih lengang,” katanya.

sumber : klik-galamedia