Awas, Penipu Incar Calon Mahasiswa

by -29 views

snmptnjatinangorku.com – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 sudah diumumkan secara resmi. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Panitia SBMPTN.

Selain itu waspada juga terhadap tawaran-tawaran bantuan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, termasuk ke Universitas Padjajaran (Unpad).

Pihak Unpad sendiri sudah menegaskan tidak ada lagi pengumuman terkait kelulusan jalur SBMPTN.

Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof Dr H Engkus Kuswarno MS, mengatakan masyarakat harus waspada terhadap penipuan mengatasnamakan Panitia SBMPTN.

Para penipu, kata Engkus, biasanya menggunakan modus operandi pemberitahuan kelulusan kepada salah satu peserta yang sebenarnya tidak dinyatakan lulus SBMPTN.

“Kelulusan sudah diumumkan secara resmi dan hanya bisa dilihat di laman resmi SBMPTN, tidak ada bentuk pengumuman lain selain dari laman resmi,” katanya di kampus Unpad, Jumat (12/7).

Engkus juga mengatakan peserta juga sudah diberi informasi bahwa pengumuman kelulusan bisa diakses di laman https://pengumuman.sbmptn.or.id dengan memasukan nomor peserta dan tanggal lahir. Dengan cara ini peserta sudah bisa tahu lulus atau tidak melalui jalur SBMPTN.

Kewaspadaan lain, ujar Engkus, masyarakat diimbau untuk tidak percaya kepada pihak-pihak yang menawarkan bantuan untuk masuk Unpad.

Hanya peserta yang lulus SBMPTN yang bisa masuk Unpad dengan cara registrasi resmi jalur SBMPTN di Unpad yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 Juli 2013 di Kompleks Bale Santika Unpad, Kampus Jatinangor.

“Kalau ada yang menawarkan di luar jadwal tersebut, jelas itu penipuan,” katanya.

Engkus menegaskan bahwa tidak ada lagi pengumuman susulan kelulusan jalur SBMPTN. Selain itu, ujar Engkus, Unpad tidak membuka jalur mandiri lain untuk program sarjana selain SBMPTN. (tif)

sumber:  tribunnews