Awas, Rancakalong Lebih Rawan dari Cadas Pangeran

by -188 views

Awas, Rancakalong Lebih Rawan dari Cadas Pangeran

Jatinangorku.com – Rekomendasi dari kepolisian dan Dishubkominfo Sumedang untuk tidak melewati jalur Rancakalong jika sedang hujan sebaiknya dipatuhi.

Menurut Kabid Penanggulangan Bencana dari Badan Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (BKPMPB) Apep Koharudin, jalan-jalan di Rancakalong berikut tebingnya lebih berpotensi longsor daripada Cadas Pangeran.

“Yang lebih berpotensi longsor itu jalur di Rancakalong daripada Cadas Pangeran, karena bebatuannya lebih bersifat berai daripada bebatuan yang terkandung di tebing-tebing Cadas Pangeran,” kata Apep Kamis (24/7/2014).

Apep menjelaskan, Cadas Pangeran memang sama-sama berpotensi longsor karena tanah di sekitar kawasan tersebut bergerak. Beberapa kejadian longsor juga terjadi di lokasi ini.

Namun, dengan turunnya hujan deras, maka tanah di Rancakalonglah lebih mudah turun atau berai. Di sepanjang jalur Rancakalong, mulai dari Pasir Biru, Sukasirnarasa dan Sukamaju dan beberapa ruas jalan sangat rawan longsor.

Menurut Apep, sebaiknya hindari wlayah itu saat hujan dan pada dua hingga tiga jam setelah hujan besar.

“Kalau bisa jangan ada di tempat rawan longsor saat hujan besar, dan terutama dua atau tiga jam setelah hujan besar,” tegas Apep.

Namun tidak ada lagi alternatif jalan lain bagi pemudik. Sumedang hanya mempunyai dua jalur, yaitu Rancakalong dan jalur utama ke Cadas Pangeran.

Untuk kesiapan mudik, BKBPMPM tidak mendirikan posko di lokasi rawan bencana dengan alasan tidak ada dana. BKBPMPB berkoordinasi dengan kecamatan setempat untuk menanggulangi bencana jika terjadi saat kegiatan mudik

Sumber : http://www.inilahkoran.com/