Awasi Pemilu, Bawaslu Butuh Mitra PPL

by -48 views

Awasi Pemilu, Bawaslu Butuh Mitra PPL

Awasi Pemilu, Bawaslu Butuh Mitra PPL

Jatinangorku.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat kecewa karena pemerintah tidak mengabulkan pengajuan anggaran dana mitra pengawas pemilu lapangan (PPL). Padahal, keberadaan mitra sangat dibutuhkan demi mendukung pelaksanaan Pileg 2014.

Anggota Bawaslu Jawa Barat, Wasikin Marzuki mengatakan jumlah personel PPL yang dimiliki sangat terbatas. Karena itu, dibutuhkan mitra pendamping PPL.

“Pengajuan anggaran untuk PPL tidak dikabulkan, ini menandakan jika pemerintah tidak serius,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (25/3/2014).

Dia menjelaskan, pengawasan pelaksanaan Pileg tidak dapat hanya mengandalkan PPL. Sebab, jumlah PPL dengan jumlah TPS tidak seimbang.

Sebagai gambaran, jumlah TPS di Jabar sebanyak 90.815, sedangkan PPL hanya berjumlah 13.929 orang. Hal ini menunjukkan selisih yang sangat jauh.

“Dengan jumlah PPL yang ada tersebut, maka satu orang PPL harus mengawasi 7 hingga 8 TPS,” katanya.

Menurutnya, seorang PPL sebaiknya hanya mengawasi satu TPS saja. Hal ini diyakini akan memudahkan pengawasan mulai dari pencoblosan, penghitungan suara, hingga penyerahan berita acara ke PPS.

Meski tidak mendapatkan dukungan dana untuk mitra PPL ini, namun pihaknya tidak patah arang. Bawaslu Jabar akan memaksimalkan 148.000 relawan untuk bertugas menjadi mitra PPL.

Relawan ini berasal dari semua elemen masyarakat seperti ormas, siswa, dan mahasiswa. Para relawan telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi mitra PPL pada hari pencoblosan Pileg 2014 pada 9 April mendatang

Sumber : http://www.inilahkoran.com/