Babinkamtibmas Bentuk FKPM

by -147 views

Babinkamtibmas Bentuk FKPM

Jatinangorku.com – Dalam rangka menciptakan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Babinkamtibmas Polsek Jatinangor membentuk Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Kec. Jatinangor.

Pembentukan FKPM ini mengacu pada kebijakan strategi yang ditetapkan Kapolri berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No. 737/ x/ 2005 tanggal 13 Oktober 2005 yang memerintahkan agar di berbagai tingkat organisasi Polri dibentuk FKPM.

Pembina FKPM Jatinangor yang juga Kapolsek Jatinangor, Kompol Roedy De Vries melalui Kanit Binmas, Ipda Dede Sujana, mengatakan, pembentukan FKPM ini sebagai wadah komunikasi antara Polri dan masyarakat dari berbagai bidang pekerjaan, minat, dan organisasi-organisasi komunitas lainnya. Sehingga lahir sarana untuk menjalin kemitraan antara Polri dan masyarakat serta organisasi-orga-nisasi komunitas.

“Termasuk forum ini sebagai fasilitator antara Polri dan masyarakat dengan berbagai instansi serta organisasi-organisasi komunitas yang berkaitan dengan penyelenggaraan polisi masyarakat (polmas),” kata Dede dalam sambutannya di hadapan anggota FKPM se -Kec. Jatinangor, Senin (23/9).

Dikatakan Dede, tujuan pembentukan FKPM ini untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah desa dengan cara memberi pendapat dan saran kepada Polri secara timbal balik. Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum serta aktif membantu mencegah dan mengatasi terjadinya kejahatan pelanggaran di wilayah kelurahan/desa di Kecamatan Jatinangor.

“Terakhir, tugas FKPM mengidentifikasi masalah dan memprioritaskan pemecahan masalah yang menyangkut tindak kejahatan, pelanggaran, rasa takut terhadap tindak kejahatan itu sendiri, dan mencari solusi pemecahannya,” terangnya.

Dikatakan Dede, pembentukan FKPM ini intinya agar bisa membantu tugas Polri dalam membangun kamtibmas. Sehingga, hal-hal yang muncul dan tergolong kecil bisa diselesaikan dengan kekeluargaan oleh FKPM, tidak harus dibawa ke mapolsek.

“Seperti kita tahu, FKPM ini nantinya membantu tugas-tugas Polri, membantu merumuskan kebijakan, kebutuhan dan prioritas pelaksanaan Polmas, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan masalah sosial kejahatan dan pelanggaran,” paparnya.

Ketua FKPM, Suryandi mengatakan, pembentukan FKPM ini sebagai bentuk partisipasi masyarakat untuk membantu tugas Polri. Sebab, permasalahan di masyarakat mulai tingkat RW sampai desa setiap hari selalu ada. Dengan dibentuknya FKPM tingkat kecamatan ini diharapkan bisa membantu meringankan tugas Polri.

“Anggota FKPM sendiri berasal dari perwakilan desa masing-masing di Kec. Jatinangor. Sehingga muncul upaya prefentif, preemptif, dan represif di masyarakat jika ada ganggguan Kamtibmas,”katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com