Bahasa Inggris di Al Masoem Menarik Perhatian Dosen Malaysia

by -101 views

Jatinangorku.com – Sepuluh orang Dosen Institut Pendidikan Guru Kampus Tun Hussein Onn Batu Pahat Johor Malaysia mengunjungi Kampus Al Ma’soem di Jalan Raya Cipacing Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (14/10/2014). Mereka mengaku tercengang ketika mendengar dari pengelola Kampus Al Ma’soem yang menyebutkan pada Januari 2016, kampus tersebut mencanangkan lingkungan Bahasa Inggris.

Direktur Akademis Yayasan Pendidikan Al Masoem Drs. Asep Sujana, M.M., mengatakan, seiring pencanangan penggunaan bahasa Inggris itu, mewajibkan semua unsur yang terlibat dalam kegiatan pesekolahan seperti guru, siswa, pengelola dan tenaga adminstrai, sehari-harinya menggunakan Bahasa Inggris.

“Dengan pencanangan penggunaan Bahasa Inggris itu, membuat para dosen dari Malaysia yang berkunjung ke Kampus Al Ma’soem merasa tercengang,” kata Asep kepada klik-galamedia.com di Kampus Al Ma’soem, Selasa (14/10/14).

Menurutnya, ketercengangan para dosen itu didasarkan pada kekhawatiran kemampuan siswa saat menjawab soal ujian yang bersifat massal.

“Seperti saat pelaksanaan ujian negara dan soal dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia,” katanya.

Kehawatiran lainnya, kata Asep, adanya pengaruh dan interaksi sosial budaya barat yang dapat mempengaruhi siswa.

“Hal itulah yang membuat para dosen dari Malaysia kaget dengan keberanian Al Masoem menerapkan konsep ini,” katanya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/