Bakohumas Jabar Sabet Lagi Juara Umum AMH 2013

by -13 views
Bakohumas Jabar Sabet Lagi Juara Umum AMH 2013
Bakohumas Jabar Sabet Lagi Juara Umum AMH 2013

Bakohumas Jabar Sabet Lagi Juara Umum AMH 2013

Jatinangorku.com – Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Provinsi Jabar meraih Juara Umum Anugrah Media Humas (AMH) 2013. Jabar berhasil menyabet empat dari lima kategori media humas yang dilombakan.

Prestasi juara umum AMH ini berhasil diraih Jabar tiga kali beruturut-turut. Pada pertemuan Bakohumas Nasional di Solo, Jawa Tengah, yang digelar Kementrian Kominfo RI, Rabu (20/11) malam, delegasi Jabar memboyong empat kategori juara yakni, juara pertama penulisan laporan tahunan kehumasan pemerintah, juara pertama karya merchandise lembaga, juara pertama penerbitan internal Gedung Sate, juara pertama penulisan advertorial yang diterbitkan di InilahKoran.

Ketua Bakohumas Provinsi Jabar, Dudi Sudrajat Abdurachim yang juga menjabat Kepala Dinas Kominfo Jabar mengatakan prestasi ini tentu saja membanggakan dan menjadi tolok ukur keberhasilan kinerja pemangku kehumasan pemerintah yang tergabung dalam Bakohumas Provinsi.

Menurut Dudi, kemenangan ini merupakan wujud nyata sinergitas kehumasan pemerintah di lingkup provinsi Jabar. Melalui optimalisasi peran humas sebagai mediator yang proaktif dalam menjembatani kepentingan instansi dan menampung aspirasi publik. “Fungsi kehumasan berjalan baik dan diharapkan mampu menciptakan iklim yang kondusif dalam pembangunan Jawa Barat,” kata Dudi.

Kepala Biro Humas Protokol dan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jabar, Ruddy Gandakusumah, usai menerima piala mengatakan, AMH 2013 merupakan penyemangat, sekaligus apresiasi bagi pemangku kehumasan pemerintah. “Untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif. Tentunya dalam menjalankan tugas dan fungsi kehumasan,” katanya.

Sejalan dengan itu, tambah Ruddy, Pemprov Jabar saat ini tengah menggelar pendidikan bagi pranata humas untuk meningkatkan SDM kehumasan. Pendidikan dan pelatihan bagi staf Humas juga terus dilakukan. Misalnya, dengan mengikuti kursus penulisan berita, pengelolaan website, analisa berita dan menentukan kontenberita.

Dalam kesempatan itu, Menkominfo yang diwakili oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Freedy Tulung mengatakan bahwa profesi humas pemerintah adalah profesi terbuka dengan tugas yang jelas. “Yakni bagaimana mendiseminasi informasi dapat berjalan dengan kualitas yang baik dan proporsional,” paparnya.

Menurut dia, manajemen komunikasi pemerintahan yang baik mampu membangun ruang publik berupa kanal dalam proses komunikasi dan interaksi seimbang antara pemerintah dengan publik. Apresiasi AMH setiap tahun diberikan dalam rangka mengukur kinerja kehumasan pemerintah, dan untuk mengetahui sejauh mana kolaborasi media dengan kontribusi informasi yang diberikan humas.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/