Balita Kembar Siam Devina dan Devani Akan Jalani Pemeriksaan di RSHS

by -34 views

Balita kembar siam, Devina dan Devani (2) warga Dusun Panyirapan RT 03/RW 06, Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara, rencananya akan kembali menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Selasa, 25 Oktober 2016 mendatang. Proses pemeriksaan tersebut, untuk persiapan operasi pemisahan bagian perut dan kakinya yang menempel.

“Devina dan Devani akan dibawa ke RSHS Bandung, Selasa nanti. Selain akan berkonsultasi dengan dokter, sekaligus mengecek kondisi kesehatannya untuk rencana operasi pemisahan. Rencananya, kami akan ke RSHS Bandung diantar pak kuwu (kepala desa),” kata Endi Hendi (42) ayah balita kembar siam ketika dihubungi melalui telefon di rumahnya di Desa Mekarjaya, Kec. Sumedang Utara, Minggu, 23 Oktober 2016.

Menurut dia, Devina dan Devani akan diperiksa kondisi kesehatannya di RSHS Bandung dengan peralatan yang lebih lengkap. Bahkan pihak RSHS Bandung, akan membentuk tim medis khusus untuk proses operasi pemisahan. Hal itu akan dilakukan, walaupun sejak dirawat di RSUD Sumedang pekan lalu, hingga saat ini kondisi balita kembar siam itu sehat. “Alhamdulillah anak saya (balita kembar siam) sekarang sehat,” ujar Endi.

Endi menuturkan, setelah dirawat di RSUD Sumedang Kamis sampai Senin, 13-17 Oktober 2016 lalu, kondisi Devina dan Devani selama tinggal di rumah dinilai sehat. Sebelumnya, balita kembar siam itu sempat dirawat di RSUD Sumedang karena sakit panas dan badannya merah-merah. “Setelah dari rumah sakit, sampai saat ini Devina dan Devani alhamdulillah kondisinya sehat,” katanya.

Ibu kandung balita kembar siam, Eni Mulyani berharap anak-anaknya ini bisa segera dioperasi pemisahan perut dan kakinya dengan selamat. Sebab jika tidak, ia khawatir anaknya tumbuh besar dengan kondisi seperti itu. Hasil pemeriksaan medis dulu ketika dirawat di RSHS Bandung, Devina dan Devani masing-masing memiliki organ tubuh lengkap. Yang menempel, yakni perut dan kakinya saja.

Ia menambahkan, dua hari setelah dilahirkan di RSUD Sumedang 25 Agustus 2014 lalu, Devina dan Devani langsung dirawat di RSHS Bandung. Balita kembar siam itu, menjalami perawatan hingga 11 bulan. Namun, untuk menjalani operasi pemisahan, harus menunggu usianya 2 tahun. Hal itu, sesuai saran dokter dan tim medis RSHS Bandung. “Karena usianya waktu itu baru 11 bulan, sehingga Devina dan Devani untuk sementara dipulangkan ke rumah sampai menunggu usia 2 tahun,” tutur Eni.