Balon Perseorangan Bupati Sumedang dalam Proses PPK

by


JATINANGOR (15/10)

Pihak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jatinangor masih mengumpulkan bukti-bukti autentik untuk dukungan perseorangan bakal calon (balon) Bupati Sumedang dan wakilnya.

Demikian disampaikan Ketua PPK Jatinangor, Kab. Sumedang, Endan Sumari, S.T. saat dikonfirmasi “GM” melalui telepon selulernya di Jatinangor, Kab. Sumedang, Minggu (14/10). 

Menurut Endan, panitia memang masih melakukan rekapitulasi pengumpulan bukti-bukti autentik untuk dukungan perseorangan. Sedangkan jumlah persyaratan dukungan perseorangan untuk di Kecamatan Jatinangor sebanyak 5.824 dan tersebar di 12 desa. “Dukungan tersebut harus diperkuat dengan bukti autentik dan persyaratan yang telah ditentukan,” katanya. 

Menyinggung adanya 300 dukungan untuk calon perseorangan yang dinilai bermasalah, Endan menyatakan, pihaknya tidak bisa langsung menuding begitu saja. Pasalnya, katanya, bisa saja calon yang diusung dari perseorangan tersebut persyaratannya memang belum lengkap. “Kita belum bisa menyebut adanya dukungan yang bermasalah karena masih dalam tahapan verifikasi,” kata Endan. 

Oleh karena itu, pihak PPK masih mengumpulkan bukti-bukti autentik dan bila terbukti benar bermasalah tentunya akan dicoret. Namun pencoretan bukan kewenangan PPK Jatinangoar, namun KPU Kab. Sumedang. 

Sementara berdasarkan informasi yang diperoleh “GM” khususnya dukungan dari Desa Hegarmanah, dari 422 dukungan, yang terindikasi bermasalah mencapai 300 lebih. Ratusan dukungan yang terindikasi bermasalah tersebut untuk pasangan calon perseorangan Eni Sumarni, Oom Supriatna, dan Ecek Karyana.

Sementara berbagai kejanggalan yang kini masih dalam proses pembuktian di antaranya Nomor Induk KTP (NIK) ganda, KTP orang yang sudah meninggal, KTP kedaluwarsa, dan KTP dengan alamat di luar Desa Hegarmanah. 

Sedangkan pantauan “GM”, jelang Pilkada Sumedang, meski suasana masih tergolong adem ayem, sejumlah nama kini muncul ke permukaan, baik dari kalangan birokrat di Pemkab Sumedang, pengusaha, seniman hingga wakil rakyat. Bahkan sejumlah balon sudah mulai dipromosikan tim suksesnya.

Selain itu, jelang Pilkada Sumedang tersebut, baliho muncul di sejumlah titik di wilayah Kab. Sumedang, termasuk wilayah Kec. Jatinangor.

sumber : klik-galamedia