Bandung Tourism Competition 2013

by -28 views

jatinangorku.com (17/5)

Memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya, Bandung Tourism Competition mampu dikenal sebagai kompetisi marketing plan dibidang pariwisata, khususnya kota Bandung dan sekitarnya. Kompetisi ini digelar oleh divisi Student Society Hima Manajemen Universitas Padjadjaran sebagai ajang kreativitas mahasiswa terhadap pengembangan potensi budaya dan pariwisata lokal. Tujuan diadakannya kompetisi ini yaitu untuk membangkitkan kesadaran mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata dalam bentuk ide dan pemikirannya terhadap potensi wisata yang ada di kota ini. Selain itu dari acara ini diharapkan pula tercipta para marketers muda yang handal di Indonesia. Objek pariwisata yang diangkat tahun ini adalah Lapas Sukamiskin.

Terletak di Jl. AH Nasution No.114 Bandung, Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Sukamiskin, Bandung telah dibuka menjadi tempat wisata pada tahun 2010 yang bertujuan agar masyarakat mengetahui seluk beluk kehidupan di lembaga pemasyarakatan. Akan tetapi, lembaga pemasyarakatan ini masih membutuhkan manajeman pemasaran yang lebih baik untuk menarik minat masyarakat agar lapas ini dapat dijadikan alternatif wisata di Jawa Barat, khususnya kota Bandung.

Peserta yang mengikuti kompetisi ini berasal dari mahasiswa S1 & D3 berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Rangkaian kompetisi ini terdiri dari Workshop, pembuatan marketing plan dan setelah dipilih 10 tim terbaik, maka tim tersebut akan diadu di Grand Final pada tanggal 29 Juni 2013.

Sebenarnya, apa itu Marketing Plan?

Marketing plan adalah suatu strategi bisnis yang terperinci dan spesifik untuk menjual dan memasarkan produk barang dan/atau jasa. Dalam level mikro, Marketing Plan akan mengubah produk menjadi sesuatu yang akan mengisi celah pasar dan memenuhi keinginan pelanggan.

Suatu Marketing Plan dapat mencakup bagaimana keadaan atau gambaran umum tentang produk yang akan dipasarkan, rekomendasi strategi pemasarannya, dana yang dibutuhkan, analisis lingkungan bisnis sekitar, tujuan keuangan dan pemasaran, kontrol terhadap cara pemasaran, dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan produk yang akan dipasarkan.

Persyaratan:

  • Mahasiswa S1 atau D3 yang sedang/masih aktif
  • Membentuk tim, satu tim terdiri dari 3 orang
  • Satu tim wajib berasal dari universitas yang sama
  • Diperbolehkan berbeda jurusan
  • Nama tim tidak boleh membawa nama universitas
  • Mengisi formulir pendaftaran yang dibuka pada 2 Mei 2013 hingga 1 Juni 2013
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000 via transfer
  • File scan atau foto (jelas atau tidak buram) bukti pembayaran dalam format JPG
  • File KTM dalam format JPG untuk masing-masing anggota tim

 

Pendaftaran:

Pendaftaran dibuka pada tanggal 1 Mei – 1 Juni 2013

  1. Peserta  membaca  ketentuan yang berlaku di bdgtourismcomp.wix.com/btc2013
  2. Membayar formulir melalui rekening
  3. Foto bukti pembayaran dan KTM masing-masing calon peserta
  4. Membuka link pendaftaran di halaman utama web Bandung Tourism Competition, atau meng-klik link http://bit.ly/11Tucw7
  5. Mengisi Formulir secara lengkap

 

 Calon peserta telah terdaftar menjadi peserta Bandung Tourism Competition apabila telah menerima e-mail konfirmasi dari panitia. Apabila peserta belum mendapatkan konfirmasi via e-mail dari panitia, perwakilan tim diwajibkan untuk segera menghubungi panitia untuk konfirmasi lebih lanjut.

Pembayaran:

Peserta melakukan pembayaran sebesar Rp.250.000,00 per tim dengan cara transfer melalui rekening:

BCA                       :4381373112 a.n Risang Pinandhita

BNI                        :0254880165 a.n Risang Pinandhita

Syariah Mandiri         :7052122168 a.n Aisyah Tsabatiyah

 image