Bangun Bundaran Polres, Pemkab Andalkan Pusat

by -50 views

Bangun Bundaran Polres, Pemkab Andalkan Pusat

Jatinangorku.com – Pembangunan bundaran polres yang berlokasi di perempatan jalan yaitu Jl. Prabu Gajah Agung, Jl. Pangeran Kornel, Jl. Pangeran Sugih, dan Jl, Cut Nyakdhien masih berlanjut pada akhir 2014.

DPRD dan Pemkab Sumedang sudah sepakat untuk terus melanjutkan rencana pembangunannya dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUUA PPAS) Perubahan APBD 2014.

“Pada perubahan anggaran 2014 ini ini kebijakannya masih sama, hanya ada prioritas yang semakin kita fokuskan saja alokasinya, terutama untuk bundaran polres,” kata Bupati Sumedang Ade Irawan usai hadir dalam pelantikan Anggota DPRD Sumedang, Rabu (13/8/2014).

Menurut Ade, pemkab sudah dijanjikan akan mendapatkan bantuan keuangan dari pusat sebesar Rp 7 miliar untuk pembangunan tahap pertama. Dana itu akan digunakan untuk pembangunan fisik jalan.

Sementara, Pemkab Sumedang mendapatkan tugas pengadaan dana untuk pembangunan penunjang jalan di seputaran bundaran seperti gorong-gorong, penyelesaian perbaikan dan pentaan jaringan air, komunikasi dan fasilitas umum lainnya serta perbaikan drainase.

Ade menyebutkan, pihaknya sangat mengandalkan bantuan keuangan tersebut. Oleh karenanya, pemkab dan dewan akan besama-sama melakukan lobi ke pusat untuk mendapatkan bantuan keuangan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumedang Sujatmoko mengatakan, Pemkab memang sangat mengandalkan bantuan keuangan pusat untuk realisasi bundaran polres.

Bundaran ini akan membantu mengurangi kemacetan di jalur jalan milik negara. Sujatmoko optimistis bantuan keuangan tersebut akan terealisasi berkat lobi bupati dan para anggota dewan.

“Bantuan keuangan direncanakan sebesar Rp 7 miliar, pasti ada untuk Sumedang karena secara politis juga sudah setuju antara bupati dan dewan jadi pasti kami semua berusaha untuk merealisasikannya,” kata Sujatmoko.

Sebelumnya, dari rancangan yang dibuat Dinas Pekerjaan Umum, total dana yang dibutuhkan untuk pembangunan fisik bundaran ini sebanyak Rp 9,8 miliar. Rencananya, seluruh dana ini akan diminta dari alokasi bantuan keuangan pusat ke pemkab.

Beberapa rencana teknis disebutkan, PU akan memperlebar jalan menuju arah Bandung sepanjang 20 meter. Jarak jalan yang akan dilebarkan adalah 75 meter menuju arah barat.

Sementara menuju arah utara dan timur sepanjang 75 meter dan menuju arah selatan sepanjang 65 meter. Diameter bundaran sebesar 62 meter

Sumber : http://www.inilahkoran.com/