Bangunan Liar di Sempadan Citarum Harus Dibersihkan

by -56 views

Bangunan Liar di Sempadan Citarum Harus Dibersihkan

Jatinangorku.com – Sempadan Sungai Citarum yang lebarnya pada bagian kanan-kiri masing-masing 9 meter harus terbebas dari bangunan liar (bangli). Sempadan sungai itu adalah bagian dari kawasan hijau yang harus terbebas dari bangunan rumah, pabrik industri tekstil dan warung-warung para pedagang. Termasuk terbebas dari bangunan kandang hewan. 

Demikian dikatakan Aktivis Penggerak Lingkungan Elingan Kab. Bandung, Sri Fitriani Nur kepada klik-galamedia.com di Rancaekek, Selasa (27/8/2013). Menurut Sri, masih banyak masyarakat yang dengan seenaknya mendirikan bangunan di atas sempadan Sungai Citarum yang mengalir di kawasan Kab. Bandung. “Padahal, mendirikan bangunan di atas sempadan sungai itu tidak boleh. 

Soalnya, sempadan sungai merupakan daerah hijau dan harus terbebas dari bangli,” kata Sri. Dikatakannya, untuk meminimalisasi berdirinya bangli di atas sepadan sungai itu, harus ada sosialisasi kepada masyarakat yang mendirikan bangunan tersebut. “Mereka harus diberi penjelasan terkait fungsi sempadan sungai tersebut,” katanya. 

Menurut Sri, sosialisasi itu bisa dilakukan oleh pihak pengelola sungai yang memiliki kewenangan untuk melarang mereka mendirikan bangunan di kawasan hijau. Masyarakat setempat juga harus pro-aktif mengingatkan masyarakat setempat untuk tidak membangun di atas sepadan sungai. 

“Sempadan sungai itu harus kosong dari bangunan permukiman maupun kawasan industri,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com