Banjir di Sumedang Ratusan Warga Mengungsi di Tenda Akibat Banjir Bandang Yang Menghancurkan Rumahnya

by -47 views

 

 

Akibat rumah rusak dan sebagian hanyut terbawa banjir bandang, ratusan warga di Kampung Gunung Tanjung, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung mengungsi di perumahan Gandara Asri Pakuon.

Selain itu, bantuan juga datang dari Dinsos Kabupaten Sumedang, Kemensos, BPBD Kabupaten Sumedang, Tagana, BNPB dan beberapa instansi terkait.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang, Yedi mengatakan, setidaknya 139 jiwa dari 35 KK yang terdampak banjir bandang telah mengungsi di lokasi tersebut.

“Ada beberapa titik pengungsian, (selain di Sumdang) ada titikpengungsian yang lokasinya di wilayah Kabupaten Bandung. Di ruko juga ada, disini ada 139 jiwa,” ujarnya kepada Tribun di lokasi pengungsian, Kamis (14/4).

Menurut Yedi, keesokan harinya, seluruh pengungsi akan dikumpulkan di tenda yang didirikan di Perumahan Gandara Asri Pakuon, agar kondisi para korban banjir dapat termonitor.

Yedi mengatakan, korban banjir mulai mengungsi pada Selasa (12/4) malam menyusul banjir bandang akibat hujan deras yang terjadi sore hari. Warga pun kini masih tetap berada di pengubgsian.

“Kami sudah menetapkan tanggap darurat banjir sejak Rabu (13/4) kemarin sampai Selasa (19/4). Dan pengungsi belum diperkenankan kembali ke rumah,” ujar dia.

Namun, lanjut Yedi, penetapan tanggap darurat tersebut bisa saja berubah dengan melihat kondisi dan cuaca di lapangan. Saat ini, setidaknya 14 rumah milik warga rusak parah diterjang banjir yang berasal dari luapan Sungai Citarik