Banjir Hambat Perekonomian Masyarakat

by -35 views

ANGGOTA DPRD Kabupaten Bandung, H. Cecep Suhendar, S.Pd., M.Si., menegaskan, banjir yang kerap melanda wilayah Rancaekek, khususnya Jalan Raya Bandung-Garut, mengancam perekonomian rakyat dan pembangunan desa. Dia pun memantau perkembangan banjir yang terus terjadi di jalur tersebut dalam beberapa hari terakhir ini.

“Seperti waktu yang lalu, penyebab utama banjir Rancaekek adalah derasnya air kiriman dari wilayah Jatinangor, dan daerah lainnya wilayah Kabupaten Sumedang,” 

Akibatnya, imbuh Cecep, derasnya aliran air itu tidak mampu tertampung dan tersalurkan anak-anak Sungai Citarum yang ada di Rancaekek.

“Balai Besar Wilayah Sungai Citarum sebagai penguasa sungai tersebut harus membuat skenario terbaru untuk penanganan cepat banjir Rancaekek,” harapnya.

Penangannya bisa dengan cara percepatan normalisasi sungai utama penyebab banjir yaitu Sungai Cikeruh. “Dilanjutkan dengan normalisasi Sungai Cimande, Cikijing dan Citarik,” harapnya.

Selain dengan cara normalisasi sungai, harap Cecep, penanggulangan banjir di Rancaekek itu, bisa melalui solusi jangka pendek. Caranya dengan pembuatan danau retensi atau polder di Rancaekek