Banjir Jatinangor Diakibatkan Pembangunan Tak Terkendali

by -82 views

Jatinangorku.com – Banjir yang merendam kawasan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, diduga dampak dari pembangunan di Jatinangor yang tidak memperhatikan aspek lingkungan.

Tokoh masyarakat Jatinangor yang juga seorang Pemerhati Kebijakan Pemerintah, Nandang Suherman mengatakan, pembangunan apartemen, kos-kosan, perkantoran dan berbagai tempat usaha serta pembangunan di perguruan tinggi juga telah mempersempit daerah resapan air. Sehingga kawasan Jatinangor menjadi rawan banjir.

“Pemerintah Sumedang sepertinya tidak berbuat untuk meminimalisir banjir di Jatianangor ini, yang dilakukan hanya sebatas mengatasi di hilirnya saja, dan bantuan-bantuan sementara,” kata Nandang 
Nandang menjelaskan, sudah saatnya pemerintah melakukan audit lingkungan di kawasan Jatinangor. Kalau tidak, banjir dikhawatirkan akan merendam kembali kawasan tersebut.

“Yang kami perhatikan Pemerintah Kabupaten Sumedang hanya mementingkan ekonominya saja seperti Pendapatan Asli Daerah (PAD), sementara pengendaliannya tidak diperhatikan,” tandas Nandang.
 

Sumber : http://jabar.metrotvnews.com/