Banjir Produk Kompak dari Daihatsu

by -8 views

Banjir Produk Kompak dari Daihatsu

Jatinangorku.com – PT  Astra Daihatsu Motor (ADM), dua hari lalu merilis konsep lima mobil konsep (concept car) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Berarti delapan mobil kompak Daihatsu, tiga sebelumnya merupakan varian dari mobil murah Ayla, sudah diperkenalkan kepada publik Indonesia.

Lima mobil konsep yang teranyar diluncurkan itu adalah Crossover Utility Vehicle (CUV), DR Estate, Ultra Fungtional Compact (UFC)-2, NC-Y dan NC-Z. Bagi Daihastu, pengembangan kendaraan masa depan itu dianggap sebagai komitmennya mengembangkan kendaraan kompak, hemat energi, dan ramah lingkungan. Begitulah mereka berpandangan tentang  tren otomotif masa depan.

Ketua Tim Proyek Pengembangan Daihatsu Satriyo Budiutomo mengungkapkan, semua kendaraan yang diperkenalkan merupakan pengembangan dari platform Ayla. Perbedaaannya terletak pada eksterior dan interior di masing-masing kendaraan.

“Semuanya berangkat dari Ayla sebagai platform dasarnya. Namun dibekali interior dan eksterior yang berbeda,” ujarnya.

Ke depan, Satriyo berpandangan, pengembangan mobil konsep tersebut diharapkan mampu melengkapi setiap segmen yang belum digarap Daihatsu. Misalnya, mengisi segmen di bawah Ayla dengan kapasitas mesin antara 850-1000 cc dengan mengeluarkan NC-Y dan NC-Z, atau mengisi segmen kosong antara Ayla dan Xenia dengan UFC-2 di kisaran 1000-1200 cc, juga mengsi segmen di bawah Terrios.

“Kami bermaksud memberi pilihan selengkap kepada konsumen Daihatsu,” tambah Satriyo.

Satriyo mengaku belum berencana menjadikan concept car tersebut sebagai produksi masal selanjutnya. Hal ini lantaran pihaknya masih menunggu hasil survei tentang model kendaraan yang dibutuhkan konsumen Indonesia. Proses tersebut memakan waktu sekitar dua tahun.

“Kita belum tahu konsumen Indonesia suka yang stylish atau fungsional. Semua masih menunggu survei,” terang Satriyo.

Namun, Satriyo tidak berani menjamin apakah spesifikasi kendaraan yang nanti diproduksi sama dengan yang tertera pada gambar. Perubahan itu dipastikan ada mengingat penyesuaian dengan regulasi pemerintah.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com