Bantu Gempa Aceh, Jabar Salurkan Rp 3,5 Miliar

by -44 views

Bencana gempa bumi yang melanda Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam, beberapa hari yang lalu menggerakkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan kepada korban gempa sebesar Rp 3,5 miliar. Aher juga akan berangkat ke Pidie mewakili masyarakat Jabar untuk memberikan bantuan secara langsung.

Aher menjelaskan jumlah bantuan yang akan disalurkan terbagi menjadi Rp 2 miliar yang berasal dari pos belanja hibah 2016 Pemprov Jabar dan sisanya sumbangan dari masyarakat dan PNS yang dananya terhimpun di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat serta dari Rumah Zakat Indonesia, dan CSR Bank Jabar & Banten.

“Masyarakat Jabar turut berbelasungkawa atas musibah yang terjadi di Kabupaten Pidie, Aceh, sejauh ini kita telah menyaksikan pemerintah dan masyarakat bahu membahu memberikan bantuan kepada saudara kita yang tertimpa musibah hingga ratusan orang meninggal dunia, dan kami dari Jabar, sebagai bagian utuh dari Indonesia, akan ikut berpartisipasi meringankan beban saudara-saudara kita di Pidie,” kata Aher dalam keterangan pers yang diterima INILAH, Bandung, Minggu (11/12/2016).

Menurut Aher, relawan yang diambil dari beberapa ormas di Jawa Barat pun rencananya akan dikirimkan. Hal ini mengacu sejumlah pengalaman yang pernah dilakukan pihaknya dalam membantu korban bencana di Sumatera Barat, Oktober 2009 lalu.

Sebelumnya, saat tsunami Aceh Desember 2004 lalu, Pemprov Jabar kala itu juga berpartisipasi dalam memobilisasi bantuan masyarakat kepada warga Serambi Mekkah itu.

“Bencana alam yang kerap terjadi di belahan bumi nusantara ini, di saat itu Jabar selalu tergerak untuk membantu. Mari kita peduli sesama anak bangsa agar keberkahan meliputi kita semua,” kata Aher.