Banyak Camat Mangkir, Pjs. Bupati Sumedang Geram

by -259 views

PENJABAT Sementara (Pjs.) Bupati Sumedang, Ir. H. Sumarwan Hadisoemarto, dibuat geram dengan banyaknya camat yang tidak memenuhi undangannya alias mangkir dalam Rapat Kerja (Raker) Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba, bertempat di Hotel Puri Khatulistiwa, Selasa (27/3/2018).

Setelah dilakukan pengecekan satu persatu, diketahui 10 dari camat 26 camat yang ada, tidak hadir pada acara tersebut. “Sudah sering saya instruksikan, agar seluruh camat datang secara pribadi atau tidak mewakilkan, ketika mendapat undangan yang berkaitan dengan kegiatan pemerintahan. Namun faktanya, sampai sekarang masih banyak camat yang mangkir, dan mewakilkan kepada bawahannya,” ujarnya.

Padahal menurut dia, kegiatan-kegiatan pemerintahan seperti itu, sangat penting mereka ikuti. Misalnya, saja Raker Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba bersama Instansi Pemerintah yang dilaksanakan, selain bermanfaat secara person, juga merupakan salah satu implementasi dari aparatur daerah, dalam pengendalian dan juga pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

Di samping itu, melalui raker tersebut, bisa menjadi awal dari pembuktian para aparatur pemerintahan, dalam memberikan sumbangsih atau kontribusi guna memerangi bahaya narkoba. Pemerintah mempunyai kewajiban untuk turut andil menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba. “Untuk itu, kegiatan raker seperti yang sekarang dilaksanakan, sangat penting bagi kita semua. Sebab dalam raker ini, ada sisi edukasi tentang bahaya penyebarluasan narkoba dan hukuman penyalahgunaan narkoba, terutama bagi ASN (aparatur sipil negara),” tandasnya.

Sementara itu, Diki Hadiansyah, S.Sos, M. Si selaku Ketua Penyelenggara mengatakan, maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut, untuk memberikan pemahaman yang baik kepada para aparatur pemerintahan, tentang bahaya narkoba dengan pemerdayaan masyarakat.

“Tujuan kegiatan ini sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas aparatur dan masyarakat dalam setiap pembangunan yang berwawasan narkoba,” katanya.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut, meliputi program dan strategi penguatan pembangunan berwawasana anti narkoba, serta kebijakan pemerintah daerah dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba dengan melibatkan perangkat kecamatan di Kabupaten Sumedang. “Mudah-mudahan, melalui raker ini, para camat sekaligus peserta lainnya yang hadir, dapat memberikan informasi kepada masyarakat, lingkungan keluarga dan juga lingkungan kerja tentang bahaya dan juga pencegahan penyalahgunaan narkoba di Sumedang,” imbuhnya.

 

 

 

Sumber : http://www.galamedianews.com