Banyak Konsumsi Makanan Berlemak Bikin Ngantuk

by -6 views

Banyak Konsumsi Makanan Berlemak Bikin Ngantuk

Jatinangorku.com – Makaaan… Banyak orang yang suka dengan aktivitas yang satu ini. Apalagi kalau dilakukan bersama teman dan keluarga. Namun, seringkali kita merasakan mengantuk setelah makan. Kenapa ya?

Salah satu penyebab ngantuk setelah makan adalah proses pencernaan makanan kita. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan protein secara bersamaan juga bisa membuat kita mengantuk karena tubuh menggunakan banyak tenaga untuk mencerna kedua zat makanan tersebut. jangan heran deh kalau setelah makan nasi dan lalapan, kadang kita jadi mengantuk.

Selain itu salah satu penyebab kita mengalami ngantuk setelah makan adalah kandungan lemak yang ada pada makanan tersebut. Selain karbohidrat, makanan yang mengandung lemak juga membuat kita lebih cepat ngantuk. Konsumsi makanan berlemak bisa meningkatkan potensi ngantuk terutama di siang hari. Padahal pada jam tersebut mungkin kita diharuskan makin produktif.

Bagaimana Agar Tidak Gampang Ngantuk Tapi Bisa Makan Enak?

Meski lemak bisa bikin ngantuk, namun Anda tak harus mengeleminasi makanan ini dari menu Anda. Tapi, ada triknya nih supaya Anda bisa tetap makan enak tanpa resiko ngantuk. Caranya, minumlah air putih terlebih dulu 30 menit sebelum makan. Untuk menunya, konsumsi lah lemak terpisah dengan karbohidrat. Lebih baik makan paha ayam dengan sayuran daripada Anda makan dengan nasi.

Mempertemukan karbohidrat dengan lemak dan protein hanya akan membuat tubuh Anda menurunkan energi sehingga Anda mudah lesu dan ngantuk. Selain itu, konsumsilah makanan tersebut dengan porsi yang cukup. Makan lemak berlebihan di jam produktif selain bisa bikin ngantuk, juga membuat jantung Anda kurang sehat.

Nah, mulai sekarang, ganti kebiasaan makan yang tadinya lebih banyak lemak, jadi lebih banyak serat. Semoga tidak ngantuk lagi yah saat bekerja atau kuliah.

Sumber : http://www.vemale.com