Banyak Sumber Mata Air di Sumedang Mengering

by -94 views

Jatinangorku.com –  – Warga diimbau untuk menjaga dan memelihara kawasan hijau yang ada disekitarnya. Pasalnya kawasan tangkapan air yang disejumlah tempat di Kab.Sumedang, sudah rusak dan sumber air mengering. Penyebabnya, bisa akibat penebangan pohon secara seporadis atau adanya alih fungsi yang terjadi disekitarnya.

“Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyusutan debit air disejumlah sumber mata air. Diantaranya akibat aksi penebangan pohon, dan alih fungsi lahan yang tidak terkendali. Alhasil pada saat musim kemarau seperti sekarang, sudah banyak sumber mata air yang mongering,” kata Kasi Rehabilitasi Lahan Kritis, pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Sumedang, Ir. Hendi Gumelar di ruang kerjanya, Jumat (17/10/2014).

Menyikapi persoalan itu, pemerintah terus berupaya menumbuhkan kesadaran warga, agar dalam mengelola kawasan hijau dan lingkungan yang ada disekitarnya dengan bijak. Disamping itu, melalui berbagai pendekatan program, warga diajak ikut berpartisifasi untuk kembali menghijaukan lahan yang kritis atau tidak produktif dengan kegiatan reboisasi. Untuk menyukseskan program tersebut, pemerintah setiap tahun selalu mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk mengadaan bibit pohon dan buah-buahan. Sedangkan target penanaman difokuskan pada kawasan tangkapan air, lahan kritis dan tidak produktif di tanah negara maupun milik warga.

“Bibit pohon atau buah-buahan, setiap tahun selalu dianggarkan baik melalui APBD Kab.Sumedang, Provinsi dan Pusat. Untuk itu, tinggal ada kemauan dari warga itu sendiri. Dan rasanya tidak sulit, jika dilakukan secara bersama-sama maka, kawasan tangkapan air maupun lahan kritis yang tidak produktif dapat kembali hijau, dalam beberapa tahun ke depan,” ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/