Bappenas Ingatkan Gubernur Jabar, Perhatikan Pendidikan

by -69 views

Bappenas Ingatkan Gubernur Jabar, Perhatikan Pendidikan

Jatinangorku.com – Menteri Negara Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana mengingatkan banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan Pemprov Jabar selama lima tahun ke depan. Khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Di bidang pendidikan yang harus diutamakan adalah pemerataan.

“Terkait pendidikan, untuk di Jabar mohon diperhatikan dalam pemerataan, termasuk pemerataan kualitas,” ujar Armida kepada wartawan, usai menghadiri Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 Jawa Barat di Hotel Horison, Jln. Pelajar Pejuang Bandung, Selasa (11/9).

Pemerataan menjadi bagian dari program yang tengah digulirkan pemerintah, yakni Pendidikan Menengah Universal (PMU). “PMU ‘kan 12 tahun, tapi bagaimana juga diperhatikan pemerataannya, lalu kurikulum nasional mulai diimplementasikan di beberapa sekolah yang sudah siap,” ujarnya.

Selain itu, yang harus diperhatikan adalah perbaikan sarana dan prasarana sekolah hingga peningkatan kualitas guru. Bahkan pada tahun 2014, ia berharap tidak ada lagi ruang kelas yang rusak.

Sementara untuk bidang kesehatan, Armida menyoroti RPJMD Jabar agar memperhatikan dan menekan angka kematian ibu dan anak serta kurangnya gizi balita. 

Di tempat yang sama Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan mengatakan, pemerataan pegawai seperti guru dan tenaga kesehatan sudah dilakukan. Bahkan ia meminta bupati dan wali kota untuk memberi insentif bagi guru dan tenaga kesehatan yang bertugas di daerah terpencil.

Untuk bidang pendidikan dan kesehatan sudah menjadi fokus RPJMD. Dalam pendidikan, pihaknya masih akan terus membangun ruang kelas baru dan unit sekolah baru (USB). Untuk jangka waktu lima tahun sekitar 20.000 RKB dan USB yang akan dibangun. “Kita juga akan memberi bantuan ke perguruan tinggi,” jelasnya.

Sumber : http://klik-galamedia.com