Baru Dilantik, Plt Bupati Sumedang Diminta Segera Benahi Jatinangor

by -189 views

 

Pada Selasa, 12 Juli 2016, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengukuhkan Eka Setiawan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sumedang. Langkah ini diambil pasca Bupati sebelumnya, Ade Irawan, resmi diberhentikan atas kasus korupsi saat dirinya menjabat sebagai Ketua DPRD Cimahi.

“Bupati sekarang definitif, kewenangannya sudah penuh,” ujar Gubernur yang akrab disapa Kang Aher tersebut selepas pengukuhan Plt Bupati Sumedang di Gedung Sate, Bandung.

Menariknya, Gubernur Aher langsung menyerahkan sejumlah pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh Plt Bupati Eka Setiawan. Beliau meminta Plt Bupati dapat dengan segera menata kawasan pendidikan Jatinangor, Sumedang.

“Di situ ada banyak kampus terkenal, ada ITB, Unpad, IPDN, tentu perlu segera penataan yang lebih baik, supaya kawasan yang hidup karena ada kampus besar itu menjadi kawasan yang tertata,” kata Aher seperti dikutip dari lamanSumedangkab.go.id, Kamis 21 Juli 2016.

Aher juga berpesan kepada Plt Bupati Sumedang untuk mengawal sejumlah proyek infrastruktur nasional yang tengah dikerjakan di wilayahnya. Di antaranya adalah penuntasan penyelesaian masalah sosial Waduk Jatigede, pembangunan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), serta pembangunan Waduk Cipanas untuk pengairan sawah di Sumedang.

Perketat Izin di Jatinangor

Soal penataan kawasan pendidikan Jatinangor, Plt Bupati Eka Setiawan berjanji akan memulainya secara intensif per tahun depan. “Tahun yang akan datang akan kita coba perbaiki infrastrukturnya,” katanya.

Tak ketinggalan, Eka Setiawan juga berjanji akan mengendalikan pembangunan kawasan itu lewat pengetatan perizinan. Kendati demikian, dia tidak melarang penambahan rumah hunian sewa bagi mahasiswa di sana.

“Sepanjang memenuhi persyaratan kenapa tidak, karena banyak permintaannya,” lanjut Eka Setiawan.

Eka juga menjanjikan akan berusaha membantu percepatan pembangunan proyek infrastruktur nasional di daerahnya.

Pembangunan jalan Tol Cisumdawu misalnya, Eka Setiawan mengaku sudah mengetahui titik perosalan yang menghambat dan tengah mempersiapkan solusinya. Salah satu kendala pembangunan jalan Tol itu, ungkap Eka Setiawan, adalah masih berkutat pada permasalahan pembebasan lahan.