Baru Dua Paslon Daftar Pilbup Sumedang

by -27 views

Hari pertama pendaftaran pasangan bakal calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati Sumedang ke KPU pada Pilbup Sumedang, Senin 8 Januari 2018, sudah dua paslon yang resmi mendaftar. Kedua paslon tersebut, yakni calon perseorangan Setya Widodo-Sonia Sugian dan paslon yang diusung oleh parpol Dony Ahmad Munir-Erwan Setiawan (Doamu-Esa). Doamu-Esa  diusung 4 parpol koalisi yakni PPP, Demokrat, PKB dan PAN.

Dari pantauan “PR” di lapangan, pasangan Setya Widodo-Sonia Sugian datang dan mendaftar ke KPU Kab. Sumedang sekira pukul 9.40 bersama para pendukungnya. Pasangan tersebut mengawali hari pertama pendaftaran ke KPU. Kedatangan paslon perseorangan tersebut, disambut dan diterima langsung oleh Ketua KPU Kab. Sumedang Hersa Santosa dan para anggotanya.

Beberapa jam kemudian, tepatnya pukul 14.00, giliran pasangan Dony Ahmad Munir-Erwan Setiawan (Doamu-Esa) datang dan mendaftar ke KPU. Kedatangan paslon Doamu-Esa ke KPU diantar orang tuanya masing-masing, ratusan pendukungnya. Para pendukung tersebut,  baik dari para pengurus koalisi 4 parpol, tim pemenangan, relawan dan  para simpatisannya. Tampak ayahanda Erwan Setiawan yang juga Manager Persib Bandung Umuh Muchtar ikut mengantar putra kesayangannya. Ikut mengantar juga sejumlah artis, seperti  “Kang Komar” pemeran “Preman Pensiun” dan  Syahrul Gunawan.

Sebelum mendaftar, Doamu-Esa terlebih dahulu menggelar “Deklarasi Doamu-Esa” di Alun-alun Sumedang. Massa pendukung yang menyemut di Alun-alun, menyaksikan langsung acara tersebut. Acara  itu, i antaranya diisi dengan sungkeman kepada masing-masing orang tua paslon, sambutan penyampaian program Doamu-Esa dan santunan kepada 100 anak yatim.

“Kami mencalonkan diri untuk ibadah dan mengabdikan diri untuk kemajuan Sumedang dan kesejahteraan masyarakat Sumedang. Selain itu juga, guna meneruskan cita-cita dan berbagai program almarhum H. Endang Sukandar (HES) dalam visi ‘Senyum Manis” (Sejahtera, Nyunda, Maju, Mandiri, Agamis). Kami mohon doa restunya kepada seluruh masyarakat Sumedang,” kata bakal calon bupati Dony Ahmad Munir pada “Deklarasi Doamu-Esa” di Alun-alun Sumedang, Senin 8 Januari 2018.

Menurut dia, latar belakang pencalonannya untuk memajukan Sumedang ke arah yang lebih baik dan menyejahterakan masyarakat, berangkat dari berbagai permasalahan yang terjadi di Kab. Sumedang. Permasalahan tersebut, diantaranya relatif masih tingginya angka kemiskinan dan pengangguran, banyaknya jalan dan saluran irigasi yang rusak, minimnya investasi, belum optimalnya birokrasi dan belum maksimalnya  pelayanan pendidikan dan kesehatan.

“Jika Allah menakdirkan saya menjadi bupati dan Pak Erwan menjadi wakil bupati, saya akan memanfaatkan begitu luar biasanya potensi Sumedang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Potensi itu, antara lain sumber daya manusia warga Sumedang dan sumber daya alam yang begitu melimpah. Sumedang letaknya strategis dekat dengan Bandung, sedang dibangun tol Cisumdawu, dekat dengan BIJB Kertajati Majalengka, memiliki Waduk Jatigede dan pusat budaya sunda. Ini potensi luar biasa,” katanya.

Dengan potensi itu, kata Dony, paslon Doamu-Esa akan menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi. Melalui berbagai programnya, Doamu-Esa akan menanamkan akhlak dan moral yang baik di masyarakat dan generasi penerus, memperbaiki jalan dan irigasi, memberikan biaya sekolah SMA gratis, membuka lapangan pekerjaan.

“Dan meningkatkan pendapatan para petani,  guru, buruh dan tenaga medis. Semua itu akan kami laksanakan dengan berlandaskan reformasi birokrasi yang menitikberatkan pada pelayanan masyarakat. Hal itu, menuju Sumedang Simpati (Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional dan Kreatif),” ujarnya.  

Sementara itu, bakal calon bupati dari calon perseorangan Setya Widodo mengatakan, salah satu visi dan misi paslonnya yakni  memprioritaskan dan mengangkat potensi seni budaya Sumedang serta potensi wisata.  Jika potensi pariwisata digali secara optimal, akan menaikan PAD (pendapatan asli daerah). “Ketika PAD naik, di antaranya kami akan membangun seribu masjid serta  membantu penerangan listrik. Kami mohon doa restu dan dukungannya dari seluruh masyarakat,” tuturnya

 

 

 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com