Baru Sebulan Tak Hujan, Kekeringan di Sumedang Kian Meluas

by -78 views

Jatinangorku.com – Baru sekitar sebulan tak ada hujan. Namun kondisi itu telah mengakibatkan sejumlah sumber mata air menyusut bahkan mengering. Akibatnya kekeringan disejumlah wilayah di Kab.Sumedang, kian meluas. Tal ayal, petani pun mengeluh karena padi yang ditanamnya terancam mati dan gagal panen.

“Secara bergotong royong berusaha untuk, memanfaatkan sumber mata air yang masih tersisa, untuk mengairi sawah kami. Tapi karena potensinya sangat terbatas, akibatnya air hanya bisa mengairi sawah terdekat dari sumber mata air,” kata Didi, petani di wilayah Kecamatan Ujungjaya Kab.Sumedang, 

Menurutnya, kekeringan yang terjadi diwilayah Kec.Ujungjaya, hampir merata terjadi ditiap desa. Bahkan akibat kekeringan itu, sudah lebih dari 300 hektar sawah, yang sudah mengalami kekeringan.

“Jika dilihat dari kondisi yang ada, diperkirakan padi yang baru berusia tanam antara 4 sampai 6 minggu itu, akan layu dan mati,” ujarnya.

Kasus kekeringan diwilayah tersebut, lanjut Didi, hampir terjadi setiap tahun. Hal itu mengingat, sumber pengairan yang digunakan untuk mengairi sawah mereka, sangat bergantung dari curah hujan.

“Memang, infrastruktur irigasi sudah ada. Hanya saja, sumber airnya mengandalkan dari curah hujan. Sehingga jika musim kemarau seperti sekarang, airnya mengering,” katanya

Sumber : http://www.galamedianews.com/