Batik Kasumedangan Mulai Disukai

by -192 views

Batik Kasumedangan Mulai Disukai

Jatinangorku.com – Batik khas Sumedang atau batik kasumedangan, kini mulai banyak dilirik dan mendapat tempat di hati masyarakat. Gencarnya Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam mempromosikan potensi daerah, tidak lepas dari semakin digemarinya batik kasumedangan.

Salah satu promosi efektif memasyarakatkan batik kasumedangan dengan cara mewajibkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Sumedang untuk menggunakannya setiap Rabu.

“Pemerintah terus berupaya memberikan dukungan, untuk pengembangan batik Kasumedangan, baik dari sisi SDM maupun permodalan jika memang keuangannya ada serta aturannya memungkinkan. Pemerintah juga membantu ikut mempromosikan batik tersebut, baik di dalam maupun ke luar. Promosi di dalam, di antaranya dengan membuat surat edaran agar semua pegawai di lingkup Pemkab Sumedang, mengenakkan batik khas Sumedang setiap Rabu,” kata Bupati Sumedang, Drs. H. Ade Irawan, M.Si.

Sedangkan untuk promosi yang lebih luas, pemerintah melalui satuan organisasi perangkat daerah terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, memfasilitasi pelaku usaha batik kasumedangan untuk mengikuti berbagai pameran, baik yang diselenggarakan di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. “Tidak hanya itu, kita pun selalu memperkenalkan komoditas unggulan yang ada. Termasuk diantaranya batik khas Sumedang ini kepada setiap tamu yang datang dari luar daerah, khususnya pada saat melakukan studi banding atau kunjungan kerja ke Sumedang,” sambungnya.

Dengan berbagai upaya yang sudah dilakukan pemerintah, serta keuletan para perajinnya, bupati optimistis kelak batik khas Sumedang mampu mensejajarkan diri dengan batik sejenis yang dihasilkan oleh daerah lain. Apalagi, dengan banyak motif Sumedang yang ditawarkan, seperti motif mahkota binokasih, tugu lingga, kujang, teratai, cangkok wijaya kusuma, tradisi memanah, sampai ornamen kesenian khas Sumedang, kuda renggong.

“Kami sangat bangga, jika batik khas Sumedang ini, sudah mulai dilirik oleh wisatawan manca negara, yang secara kebetulan singgah ke Sumedang,” ujarnya

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/