Batu Akik Mulai Digandrungi

by -68 views

Batu Akik Mulai Digandrungi

Jatinangorku.com – Bisnis batu akik (batu cincin) saat ini menjadi bisnis yang menjanjikan. Batu akik mulai banyak dicari konsumen. Di beberapa kios di pinggir Jalan Raya Ir. Soekarno, Jatinangor misalnya, penjual batu akik mulai menjamur.

Salah seorang pedagang batu akik, Dadang Zaenal mengaku berbisnis batu akik bisa memperoleh keuntungan yang berlipat ganda. Dengan modal yang tidak terlalu besar, penjual bisa mengais keuntungan yang cukup menggiurkan. Apalagi, sistem jual beli batu akik tidak terpengaruh hukum pasar.

“Saat ini batu akik mulai digandrungi masyarakat. Kalau dulu batu akik hanya sebagai benda mistik, sekarang malah jadi aksesori gaya hidup,” kata Dadang kepada “GM”, Selasa (19/8).

Meningkatnya peminat batu akik, menurut Dadang, karena bentuk dan motifnya yang unik. Bahkan, batu cincin kerap dipakai sebagai perhiasan. Peminatnya pun tidak mengenal usia, baik dari kalangan anak muda maupun orang tua, kalangan bawah maupun kalangan atas mulai terhipnotis dan ingin memilikinya.

“Batu yang bermotif gambar langka harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Peminatnya banyak dan barangnya langka. Kadang untuk mendapatkannya, harus dengan cara-cara mistik,” ujarnya.

Dadang menambahkan, batu akik yang banyak dicari saat ini di antaranya jamrud, safir, kucubung, kalimaya, teratai, dan mata kucing.

“Batu akik yang ramai dicari rata-rata berjenis batu jamrud dan rubi, sedangkan batu mulia yaitu batu cemar dari Garut,” terangnya.

Ada berbagai jenis batu akik, seperti american star yang bermacam-macam antara lain blue star, red star, purple star, dan masih banyak warna lainya.

Keunikan batu american star, katanya, dari corak dan sinarnya yang memancar berbentuk seperti bintang.

“Untuk mendapatkan batu akik tersebut, para perajin harus menggali ke wilayah Jawa dan Kalimantan,” jelasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/